Belajar dari Binatang dan Manusia Zaman Old!

Tahukah Anda? Binatang seperti lebah, semut, tupai, burung, dan lain sebagainya terkenal dengan kebiasaan mengumpulkan makanan. Ketika musimnya bisa mendapatkan makanan, mereka akan mengumpulkannya sebanyak mungkin. Menyimpan dengan baik dan aman. Sehingga pada masa sulit mencari makanan/kering/dingin, mereka tetap memiliki cadangan makanan. — Yuk Belajar dari Binatang dan Manusia Zaman Old!

Begitu juga para petani di kampung-kampung pada zaman dulu. Mereka memiliki lumbung-lumbung tempat menyimpan hasil panen. Ketika musim kering melanda, mereka tidak akan kelaparan karena memiliki persediaan yang banyak.

Melakukan yang Sebaliknya

Sekarang kita ibaratkan makanan tadi adalah uang, sudahkah kita seperti itu?

Seringkali kita malah berlaku kebalikannya, ketika sedang mudah mendapatkan banyak uang, bawaannya malah ingin bersantai. Begitu sulit melanda, baru cari uang kesana kemari sampai pusing tujuh keliling! Sampai sini saya yakin ada yang mulai mesam-mesem, dalam hatinya berkata saya tuh saya!

Sering saya menjumpai orang-orang yang ketika masa sulit justru baru mencoba mencari uang setengah mati, ketika ditanya apa yang ingin ia buat kemudian ia memaparkan ide yang brilian menurut saya. Tak lama setelah memaparkan ide, ia merenung dan dilanda kebingungan sambil berkata “Saya tahu peluangnya bagus, saya juga tahu saya menyenangi dan menikmati bidangnya, andai saja ada modal, pasti saya akan realisasikan”.

Tenang, Anda tidak sendirian. Masih banyak yang melakukannya secara terbalik. Jika memang ingin berubah jadi lebih baik, sudah saatnya kita lakukan dengan cara yang tepat.

Ubah ke Pola yang Tepat

Bercermin dari kisah di atas, alangkah baiknya ketika kita sedang mudah mendapatkan banyak uang, kumpulkanlah dan simpan sebanyak yang kita bisa! Pada saat banyak uanglah justru waktu yang tepat untuk semakin rajin mencari, mendapatkan uang, menyimpan, bahkan melipatgandakannya dengan investasi, atau merealisasikan ide yang Anda miliki untuk menambah source of income Anda, agar Anda semakin berkelimpahan. Lalu ketika tiba masa sulit/ penghasilan kurang atau bahkan tidak ada sama sekali, uang yang kita kumpulkan, peluang baru yang kita ciptakan pada masa berkelimpahan akan menyelamatkan kita.

Yuk, kita buat kebiasaan yang baik dan benar mulai dari saat ini dan seterusnya! Dengan cara dan respon yang tepat tentu kita akan lebih mudah untuk me-manage tingkat stress, lebih mudah menciptakan peluang, dan berpotensi untuk jauh lebih bahagia dari sebelumnya. 😉

Deni Heriyanahttps://deniheriyana.com
Mind Consultant & Therapist, Life Coach, co-founder sekaligus penulis di 101mind.com, dan Part-Time Coder.

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Most Popular

Apa Jadinya Kalau Kamu Adalah Seorang Melankolis-Plegmatis?

Pemahaman untuk mengenali diri sendiri tampaknya masih menjadi topik yang sangat disukai oleh kita sebagai manusia. Karena kebanyakan dari kita masih bingung dalam hal...

Ho’oponopono : Metode Terapi Penyembuhan Diri

Ho’oponopono. Satu kata yang disebutkan oleh salah satu member grup yang saya ikuti, konon katanya bisa menjadi solusi mudah untuk meluruhkan emosi negatif dan memori...

INFP : Kepribadian Si Idealis

Minggu lalu saya menulis tentang tipe kepribadian MBTI secara general. Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang salah satu dari enam belas tipe kepribadian...