Makan tentunya sumber energi yang membuat kita menjadi lebih semangat. Nah, kalian pasti bertanya-tanya, kenapa kita justru sering ngantuk sehabis makan dan membuat kita jadi malas bekerja dan selalu ngantuk. Anda tidak usah khawatir. Itu bukan berarti Anda punya penyakit diabetes atau penyakit lainnya.

Setelah makan pagi atau siang hari terus langsung mengantuk berat, itu adalah hal yang wajar ko. Karena adanya reaksi biokimia dalam tubuh.

Saat kita mengonsumsi makanan, tubuh langsung melakukan metabolisme, menghasilkan energi yang diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Makanan yang dimakan akan dipecah menjadi gula sederhana atau glukosa.

Pemecahan makanan menjadi glukosa akan memerlukan oksigen dalam jumlah yang banyak. Jadi setelah kita makan, maka akan terjadi konsumsi oksigen yang lebih besar pada otak. Hal inilah yang membuat kita mengantuk setelah makan karena kekurangan oksigen.

Apa Kata Peneliti ?

Menurut David Levitsky, guru besar nutrisi dan psikologi di Cornell University, penjelasan yang paling mungkin yaitu makanan berkaitan dengan perubahan sirkulasi. Saat makanan memasuki perut, akan langsung mengaktifkan saluran pencernaan.

“Aliran darah akan dibawa menuju otak lalu kembali lagi ke bagian tubuh lainnya. Saat aliran darah menuju ke tubuh, di sinilah terjadi peristiwa relaksasi otak. Hal ini membuat kita menjadi malas atau cepat bosan.

Tidak hanya hal tersebut yang membuat kita cepat ngantuk. Ternyata ada pengaruh reaksi hormon triptofan yang ada dalam tubuh kita. Memang benar bahwa setelah kita makan, jumlah triptofan dalam darah meningkat. Terutama jika kita makan banyak karbohidrat. Secara teoritis akan menghasilkan produksi serotonin yang lebih besar di otak. Namun, jumlah triptofan yang meningkat setelah kita makan tidak cukup untuk meningkatkan kadar serotonin otak,“ ujar Levitsky.

Serotonin adalah bahan kimia otak yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kesedihan dan depresi.

Jadi sekarang Anda sudah tahu, kan? Bahwa makanan yang kita makan dalam jumlah banyak akan membuat tubuh memerlukan oksigen, dan akan terjadi reaksi biokimia dalam tubuh yang membuat tubuh menjadi lebih cepat terasa mengantuk.

Semoga Bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here