Alkisah, di tengah kemacetan Kota Bandung di suatu malam minggu, Abdul, Badru dan Eman terlibat dalam suatu pembicaraan. Eman bercerita bahwa dia sedang dekat dengan dua orang wanita, dia meminta pendapat kedua temannya mengenai dua orang wanita tersebut. Abdul dan Badru menyampaikan pendapatnya secara bergantian. Namun secara tiba-tiba, Badru malah membahas mengenai Eman. Menurutnya ada suatu kebutuhan dasar yang belum terpenuhi di dalam diri Eman, yaitu need of affection dari keluarganya.

Dalam teori hierarki kebutuhan Maslow, kebutuhan akan kasih sayang berada diurutan ketiga. Kebutuhan ini muncul saat kebutuhan fisiologis dan kebutuhan rasa aman sudah terpenuhi. Kebutuhan akan kasih sayang berhubungan dengan kebutuhan sosial. Kebutuhan ini pada dasarnya merupakan keinginan untuk merasa disayangi yang di dalamnya terdapat unsur memberi dan menerima yang terjadi antara dua orang atau lebih dari adanya interaksi sosial antar individu.

Kebutuhan akan kasih sayang yang paling utama dapat kita peroleh dari lingkungan keluarga karena keluarga merupakan bagian terkecil yang paling awal berinteraksi dengan kita. Cara sebuah keluarga untuk menunjukkan kasih sayangnya berbeda-beda. Ada yang sering memeluk anggota keluarganya, makan malam bersama untuk membuat kedekatan antar anggota keluarga, atau ada yang langsung mengungkapkan kalau anggota keluarganya merupakan bagian terpenting dalam hidupnya. Namun yang terpenting adalah setiap anggota keluarga harus merasa benar-benar disayangi agar terciptanya rasa bahagia dan aman.

Setiap anggota keluarga ingin merasakan bahwa dirinya mempunyai tempat dalam keluarganya, merasa diperhatikan, didengar dan tidak diacuhkan. Orang tua dapat memenuhi kebutuhan kasih sayang untuk anak-anaknya dengan membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa, memberikan saran saat mereka menghadapi masalah, dan lain-lain.

Seorang anak akan merasa tidak disayangi jika waktu pemeliharaan dari orang tuanya hilang atau berkurang. Orang tua yang ambisius dan terlalu otoriter pun dapat menyebabkan anak merasa kurang kasih sayang. Hal negatif yang mungkin timbul jika seorang anak merasa kurang kasih sayang adalah anak tersebut terdorong untuk membangun image bahwa dirinya kuat, mandiri dan tidak membutuhkan orang lain. Padahal bisa saja di dalam dirinya tersimpan rasa marah, kecewa, takut bahkan sakit hati terhadap orang tuanya.

Nah gak mau kan kalo anggota keluarga kita mengalami hal yang negatif? Makanya sebisa mungkin kita harus memenuhi kebutuhan akan kasih sayang anggota keluarga kita dan orang lain tentunya, karena akan ada banyak hal baik yang bisa kita dapatkan dari rasa kasih sayang.