Pernahkan Anda memilih sesuatu tanpa berpikir panjang terlebih dahulu? Atau pernahkan Anda merasa harus membawa payung padahal di luar langit sedang cerah? Dan pernahkah Anda merasa ada sesuatu yang buruk terjadi ketika jalanan yang Anda lalui sangat sepi padahal biasanya sangat ramai? Pengetahuan yang muncul secara tiba-tiba itu disebut intuisi. Intuisi bisa datang kapan saja namun tidak semua orang percaya pada intuisinya. Bagi sebagian orang, intuisi dianggap sebagai pengetahuan klenik atau mistis, namun sebenarnya intuisi bisa dijelaskan secara ilmiah.

Lalu, apa itu intuisi? Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa perlu dipikirkan terlebih dahulu. Atau kemampuan untuk memahami sesuatu secara naluriah tanpa membutuhkan rasionalisasi sadar dan analisis yang disengaja. Intuisi berasal dari informasi dan pengalaman yang pernah Anda alami sebelumnya yang berada di alam bawah sadar.

Saat kita mengalami suatu kejadian atau peristiwa, otak kita memilah-milah informasi-informasi dan pengalaman-pengalaman yang tersimpan di alam bawah sadar yang paling mirip dengan kejadian tersebut. Informasi yang mirip itu kemudian dimunculkan dalam pikiran sadar kita sebagai respon terhadap kejadian tersebut sebagai intuisi.

Ketajaman intuisi tiap orang berbeda-beda tergantung pada banyaknya pengalaman orang tersebut dalam suatu bidang. Semakin banyak pengalaman seseorang dalam suatu bidang, maka kemampuan intuisinya dalam bidang tersebut semakin tinggi. Selain dari pengalaman pribadi, ketajaman intuisi juga dapat dipelajari dari pengalaman orang lain.

Memang sih, intuisi itu tidak selalu akurat, namun menurut para ahli kadang intuisi sering kali mengetahui jawaban yang benar sebelum sistem sadar mengetahuinya. Jadi, jangan pernah meremehkan intuisi yang muncul yaa.