Pernahkah Anda merasa suntuk dan capek atas segala rutinitas dan aktivitas yang telah Anda jalani? Pernahkah anda merasa jenuh berlebih dan penuh dengan rasa malas untuk melanjutkan hal yang sedang Anda lakukan? Jika iya, itu tandanya anda membutuhkan me-time sesegera mungkin.

Kita seringkali disarankan untuk membangun quality time dengan orang-orang terdekat, orang-orang terkasih, dan juga orang-orang yang peduli dengan diri kita. Pertanyaannya, sudahkah anda punya kebiasaan membangun quality time dengan diri anda sendiri? Membangun quality time dengan diri sendiri inilah yang populer disebut dengan me-time. Waktu untuk memperhatikan, mengistirahatkan dan bercengkrama dengan diri kita sendiri.

Di tengah aktivitas padat, tingkat stress yang cukup tinggi, kita bukan hanya butuh istirahat fisik saja, tapi juga kita butuh istirahat mental. Nah, di kesempatan kali ini yuk kita kenali manfaat-manfaat yang bisa kita dapat ketika melakukan me-time. Berikut 5 Manfaat Me-Time Bagi Kebahagiaan Diri.

1. Me-Time sebagai waktu untuk istirahat dan membahagiakan diri

Seperti sudah disinggung sedikit di atas, kita butuh juga mengistirahatkan sejenak mental kita dari hiruk-pikuk aktivitas, tekanan yang ada, dan lain sebagainya. Mengambil waktu untuk me-time sejenak sangat membantu kita untuk keluar dari lika-liku kehidupan, total beristirahat baik fisik maupun mental.

Membaca buku sendirian, memasak makanan kesukaan, atau bahkan tidur bisa jadi aktivitas yang menyenangkan.

2. Me-Time sebagai waktu refreshing sekaligus recharging

Ketika dilanda jenuh, itu artinya kita butuh kebaruan, sesuatu yang belum pernah atau jarang lakukan. Pergi sejenak untuk menikmati secangkir kopi di tempat yang belum pernah kita kunjungi, bermain game baru yang menyenangkan, atau sekedar jalan-jalan menikmati pemandangan di tempat yang tidak biasa anda lihat sangat bisa membantu diri kita refresh. Dengan melakukan hal yang tidak biasa ini, kita bisa sekaligus recharging semangat, stamina, dan kesenangan yang kita butuhkan sebagai modal untuk kembali menjalani rutinitas dan mencapai segala impian yang kita miliki.

Layaknya handphone yang sudah di-charge penuh, maka kita akan lebih siap menghadapi hari-hari berikutnya. 😉

3. Me-Time sebagai waktu untuk refleksi diri

Refleksi diri adalah sesuatu yang penting dimana kita melihat kembali pengalaman yang telah dijalani untuk dapat menarik makna, hikmah, dan pembelajaran. Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan action plan apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk meminimalisir gap antara harapan dan kenyataan. Melakukan hal ini cukup membantu kita untuk lebih yakin dengan diri sendiri, mengetahui apa kurangnya dan bagaimana caranya melengkapi kekurangan itu.

4. Me-Time sebagai waktu untuk mengembalikan fokus untuk mencapai hal-hal yang kamu inginkan

Menjalani rutinitas dan berbagai tantangan seringkali menggeser fokus kita bukan lagi kepada tujuan yang ingin kita capai, malahan fokus dan larut pada masalah yang kita hadapi. Bukannya dapat solusi, tapi justru kita malah semakin stress dibuatnya. Me-Time disini berfungsi untuk menggeser fokus kita kembali di jalur yang benar. Fokus ke solusi, bukan fokus ke masalah untuk bisa kembali mengejar apa yang kita inginkan.

5. Me-Time sebagai waktu untuk menyayangi dan menghargai diri sendiri

Putar otak dan kerja keras yang kita sudah lakukan, rasanya butuh dihargai dan diapresiasi, terutama oleh diri kita sendiri. Tak ada salahnya sejenak memberi reward untuk diri kita, menyayangi diri kita agar lebih semangat lagi ke depannya. 😉

Nah, setelah tahu manfaat me-time di atas, yuk kita biasakan mengalokasikan waktu untuk me-time secara rutin!