Merasa bahagia di tempat kerja merupakan sesuatu hal yang penting karena jika kita tidak merasa bahagia di tempat kerja maka produktivitas kita akan menurun, kita akan sering mengambil cuti dan mengakibatkan rendahnya kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Untuk itu, hal yang kita harapkan sebagai karyawan terhadap suatu perusahaan adalah agar concern dalam memikirkan kebahagiaan karyawannya. Karena dengan karyawan yang bahagia, perusahaan dapat mengambil banyak manfaat, antara lain: karyawan lebih produktif, lebih fokus terhadap pekerjaan mereka, tidak mudah kelelahan dan stres, dan lebih berkomitmen terhadap tujuan perusahaan.

Ada beberapa hal yang kita inginkan sebagai karyawan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kebahagiaan karyawannya, yaitu:

Mendorong pengembangan pribadi karyawan. Sebagai karyawan, kita mengharapkan adanya pelatihan-pelatihan yang dapat mengembangkan kepribadian dan keterampilan kita. Karena dengan seiring meningkatnya keterampilan maka secara otomatis kepercayaan diri pribadi pun akan meningkat. Selain itu, keefektifan dalam melakukan tugas pun akan semakin meningkat.

Menciptakan lingkungan kerja yang tidak otoriter. Kita tentunya tidak ingin terlalu diatur oleh atasan/ perusahaan. Untuk itu, lingkungan kerja dimana seorang karyawan diberikan ruang untuk bebas berpendapat, mempunyai hak untuk membuat pilihan dan keputusannya sendiri akan menciptakan lingkungan kerja yang bahagia.

Memberikan tugas sesuai dengan bidang dan keahlian karyawan. Dengan memberikan tugas sesuai dengan keahlian karyawan akan membuat karyawan lebih menikmati pekerjaan tersebut. Karena apabila kita dipaksa untuk mengerjakan sesuatu yang bukan keahlian kita maka akan terjadi penurunan produktivitas, motivasi dan kebahagiaan.

Semoga tempat bekerja kita bisa membuat bahagia yaa…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here