Siapa sih yang tidak ingin bahagia? Kita semua pasti ingin bahagia. Malah sebagian orang menjadikan kebahagiaan sebagai tujuan hidupnya. Namun tidak sedikit orang yang tau bagaimana cara untuk mendapatkan kebahagiaan itu. Termasuk saya, hehe. Jangankan tau bagaimana cara untuk mendapatkan kebahagiaan, apa sebenarnya kebahagiaan itu saja kadang saya masih bingung. Dan sayangnya, tidak ada mata pelajaran tentang kebahagiaan di sekolah. Tidak ada yang mengajari apa itu kebahagiaan dan apa yang harus saya lakukan agar saya bahagia. Sampai suatu saat saya membaca sebuah artikel yang membahas tentang kebahagiaan.

Setelah saya baca artikel tersebut, ternyata selama ini kebanyakan orang tidak tepat dalam memaknai kebahagiaan. Orang-orang zaman now lebih menyukai hal-hal yang terukur. Mereka menganggap bahwa mereka akan merasa bahagia jika mempunyai uang yang banyak, mendapatkan promosi di tempat kerjanya, bisnisnya berhasil, mempunyai rumah idaman dan menikahi orang yang dicintainya. Memang tidak salah dan memang seharusnya kita merasa bahagia jika mendapatkan hal-hal tersebut. Namun kebahagiaan yang dirasakan dari hal-hal tersebut bisa berkurang atau bahkan hilang seiring berjalannya waktu. Maka sangat penting bagi kita untuk belajar mempengaruhi suasana hati dan pola pikir dalam kondisi apapun yang sedang terjadi dalam hidup. Kemampuan ini dapat menciptakan momen-momen yang mengarah pada kehidupan yang memuaskan dalam jangka panjang.

To be honest, menurut artikel yang saya baca sih, menciptakan kebahagiaan dalam keseharian kita itu sangat sederhana. Hal-hal mudah yang bisa kita lakukan antara lain :

Say “Thank You”!

As human being, kita mempunyai keinginan alamiah untuk merasa dicintai dan merasa memiliki orang yang kita sayangi. Tetapi kita sangat jarang mengapresiasi apa yang sudah orang yang kita sayangi lakukan. Mulai saat ini, cobalah untuk memberi apresiasi terhadap orang yang kita sayang. Ucapkanlah terimakasih and tell her/ him apa arti mereka bagi kita dan betapa bahagianya kita memiliki mereka.

See good things around you!

Mungkin setiap harinya kita terlalu sibuk memikirkan target-target yang ditetapkan oleh perusahaan tempat kita bekerja, sibuk menatap layar komputer untuk menyelesaikan laporan-laporan yang harus selesai sebelum jam kerja berakhir, dan bermacam-macam kesibukan yang lainnya, sehingga kita tidak sadar bahwa ada banyak sekali hal-hal indah yang bisa kita nikmati di sekitar kita. Melihat hal-hal indah dipercaya dapat meningkatkan mood kita. Try this! Untuk hal ini saya sudah mencobanya. Saya merasa bahagia dan lebih bersemangat dengan hanya melihat indahnya langit biru. Sederhana, kan?

Tersenyum

Tersenyum menciptakan pelepasan hormon bahagia yang dapat membuat kita ingin tersenyum lagi dan lagi. Konon katanya, tersenyum juga bisa menular, in a good way ya, bukan nular kayak penyakit gitu, hehe. Tersenyum sangat efektif untuk mengubah mood menjadi positif. Dan saya pun sudah membuktikan ke-valid-an cara ini. Saya sering ikut tersenyum jika melihat ada orang yang sedang tersenyum, even saya gak kenal orang itu dan hanya melihat sepintas di jalan. Tapi hal sederhana itu bisa membuat saya happy.

Do a “Me Time”

Luangkan lah waktu untuk melakukan apa yang bisa membuat mood dan energi kita menjadi lebih baik. Kita bisa mengerjakan hobby kita, membaca buku, maskeran, rileksasi dan lain-lain.

Ternyata tidak sulit kan untuk bahagia? Hal-hal sederhana seperti yang saya sebutkan di atas sangat bisa kita coba lakukan setiap harinya. So, what are you waiting for? Let’s bring happiness into your moment everyday.