Seperti yang kita ketahui, rasa syukur dapat meningkatkan kebahagiaan di dalam diri kita. Membuat kesehatan fisik dan mental kita lebih baik, mengurangi stres, juga dapat memperkuat hubungan kita dengan apa pun, baik dengan alam semesta, diri kita sendiri dan juga orang lain.

Salah satu cara untuk mengekspresikan rasa bersyukur adalah dengan mengucapkan ‘Terima Kasih’. Ucapkanlah terima kasih setiap hari. Saat kita mendapatkan hal-hal yang membuat kita senang dan bahagia. Saat kita mendapatkan sesuatu yang membuat kita bersemangat menjalani hari. Saat mendapatkan keceriaan-keceriaan sederhana dan saat kita menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah sebuah berkah.

Agar rasa syukur yang kita terima dapat kita nikmati secara terus menerus, kita bisa mendokumentasikan rasa syukur itu. Cara mendokumentasikan rasa bersyukur bisa bermacam-macam. Bisa dengan menuliskan catatan-catatan di sebuah buku atau jurnal, merekam hal-hal yang kita syukuri, atau dengan cara-cara yang lain yang kita sukai.

Kebiasaan mendokumentasikan rasa bersyukur menghasilkan banyak sekali hal-hal positif bagi hidup kita. Tingkat kewaspadaan, antusiasme, semangat dan optimisme kita akan meningkat karena hal ini. Selain itu, dengan mendokumentasikan rasa syukur, kita bisa menekan tingkat depresi dan stres, lebih bisa berempati pada orang lain, membantu orang lain, dan mempunyai efek yang baik terhadap semangat untuk mewujudkan tujuan pribadi.

Saat kita merasa down atau kurang bersemangat, dengan adanya dokumentasi rasa syukur yang kita buat, kita bisa membaca ulang dokumen tersebut, lalu kita jadi ingat dan sadar bahwa ternyata di dalam hidup ini ada banyak sekali hal yang patut kita syukuri.

Nah mulai sekarang, dokumentasikan rasa syukur yuk…

%d blogger menyukai ini: