Pada dasarnya semua orang ingin bahagia, namun yang sering jadi perdebatan untuk bisa bahagia setiap orang memiliki tolak ukurnya masing-masing. Jika ada pertanyaan sudahkah Anda bahagia hari ini? Jawabannya tentu tergantung pada diri Anda masing-masing. Tergantung apakah Anda punya standar kebahagiaan, apakah Anda membuat syarat untuk bahagia, dan lain sebagainya.

Menurut Peneliti

Marcus Buckingham, melakukan penelitian pada tahun 2009 dalam konteks paradox cara untuk mengukur kebahagian wanita. Uniknya cara Marcus untuk mengukur kebahagiaan yakni dengan melakukan poling dan memberikan 5 pertanyaan kepada setiap wanita. Ia mengklaim hal ini dapat mengukur kebahagiaan Anda.

Berikut ini pertanyaanya:

  1. Seberapa rutin Anda melakukan hal-hal disukai?
  2. Seringkah Anda menyadari bahwa Anda menunggu-nunggu hari esok?
  3. Seringkah Anda terlena dengan aktivitas yang Anda kerjakan hingga lupa waktu?
  4. Seringkah Anda merasa begitu lega setelah menjalani hari yang panjang dan sibuk?
  5. Seberapa sering Anda merasakan emosi yang begitu membahagiakan sepanjang hidupmu?

Marcus Buckingham kemudian mengklasifikasikan wanita yang bisa menjawab “setiap hari” 4 dari 5 pertanyaan tersebut, maka ia merupakan seorang yang bahagia dalam hidupnya. Seseorang yang bisa menjawab 4 dari 5 pertanyaan di atas memiliki arah yang jelas tentang apa yang membuat bahagia, sederhananya mereka tahu hal apa yang bisa membuat dirinya bahagia.

Marcus menemukan bahwa, mencapai keseimbangan antara urusan pekerjaan, kehidupan, keluarga, kesehatan, spiritualitas dan sejenisnya bukanlah jawaban untuk bisa bahagia. Justru Sebaliknya,  orang yang paling bahagia adalah mereka yang menyadari bahwa keseimbangan yang sempurna itu mustahil, dengan begitu mereka mahir menunjukkan sikap positif dalam setiap aspek kehidupan dan berjalan ke arah yang membuat mereka mensyukuri hal-hal tersebut.

Yuk mari kita coba ukur tingkat kebahagiaan kita dengan menjawab 5 pertanyaan di atas, jika masih rendah kita bisa berusaha untuk meningkatkan. Bahagia itu sederhana, bahagia itu bisa saat ini juga. Sudahkah Anda bahagia hari ini?