Perilaku dan cara bertindak kita dalam menghadapi suatu masalah atau kejadian di dalam kehidupan sehari-hari diyakini merupakan hasil dari pola pikir kita. Pola pikir sendiri mencakup kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi cara pandang, perilaku dan sikap, sumber pikiran dan pusat kesadaran yang dapat menghasilkan ide, persepsi dan perasaan serta sikap mental dalam merespon sesuatu.

Kehidupan kita biasanya dipengaruhi oleh pola pikir kita sendiri. Dalam beberapa hal, saya merasakan kebenaran atas pernyataan tersebut. Ketika saya berpikir bahwa saya tidak bisa mengerjakan sesuatu maka pada saat itu juga saya gagal dalam melakukan hal tersebut.

Maka saya berkesimpulan bahwa pola pikir yang negatif menghasilkan output yang negatif sedangkan pola pikir positif menghasilkan output yang positif pula. Oleh karena itu, saat ini saya sedang belajar bagaimana cara merubah pola pikir yang negatif menjadi pola pikir positif.

Hal pertama yang akan bisa kita ubah adalah perasaan dan pikiran. Berbagai perasaan dan pikiran yang negatif sebisa mungkin dibuang jauh-jauh dan digantikan oleh pikiran-pikiran yang positif.

Jika selama ini kita merasa tertekan gantilah perasaan tersebut dengan perasaan bahagia. Hal tersebut bisa diperoleh dengan cara merasa cukup dengan apa yang kita punya dan lebih banyak bersyukur.

Bersyukurlah

Bersyukur atas apapun yang terjadi, baik dan buruk yang telah kita alami merupakan kombinasi perjalanan hidup yang bisa dijadikan pembelajaran dalam menyelesaikan masalah.

Berhentilah mengeluh

Selanjutnya berhentilah mengeluh dan tidak pernah berterimakasih atas apa yang sudah didapatkan dalam hidup. Karena hal tersebut hanya akan membuat hidup semakin tidak nyaman dan tidak bermanfaat.

Bila kita sudah bisa mengubah pola pikir kita menjadi positif, akan ada banyak manfaat yang kita terima. Hidup jadi lebih tenang karena kita memiliki tujuan yang jelas, hidup menjadi lebih baik dan kita akan lebih merasa mudah dalam meraih mimpi-mimpi dan mungkin perubahan positif kita itu dapat mempengaruhi perubahan yang baik bagi orang-orang dan lingkungan di sekitar kita.

Akhirnya saya sangat menantikan apa yang akan terjadi jika saya sudah bisa mengubah pola pikir. Anda juga, bukan?