Kalau dipikir-pikir, sepertinya kita lebih sering melakukan self talk daripada berbicara dengan orang lain. Dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi mungkin kita melakukan self talk hingga beberapa ribu kali. By the way, self talk itu adalah berbicara pada diri sendiri. Tapi tidak seperti kita berbicara dengan orang lain ya, self talk biasanya berupa pikiran-pikiran yang muncul dalam bentuk kata-kata  di kepala kita sebagai respon otomatis saat kita berada di situasi tertentu. Self talk ada yang bersifat negatif dan positif.

Disadari atau tidak, beberapa diantara kita mungkin lebih sering menggunakan self talk yang bersifat negatif dalam kehidupan sehari-hari. Familiar dengan kata-kata “Da aku mah apa atuh?”? Nah itu salah satu self talk yang bersifat negatif loh. Padahal nyatanya self talk memiliki pengaruh yang sangat besar pada diri kita, karena ucapan atau pikiran kita itu akan diprogram ke alam bawah sadar yang nantinya dapat mempengaruhi tindakan kita dan lama-lama akan berubah menjadi kebiasaan yang pada akhirnya membuat kita percaya bahwa apa yang kita ucapkan atau pikirkan itu adalah sesuatu yang benar.

Nah gak mau kan hidup kita jadi ‘kacau’ gara-gara negative self talk? So, let’s change the self talk in our head from negative to positive. Berikut cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengubahnya:

  • Sadarilah komentar-komentar negatif yang kita pikirkan kepada diri kita. Kemudian tanyakan pada diri kita apakah kita memang seperti yang kita pikirkan, ataukah hanya karena penilaian pribadi dan ketakutan kita akan kegagalan.
  • Setelah menyadari tentang pikiran negatif, mulailah mengubah hal tersebut menjadi pikiran positif. Cara ini tidak akan berjalan dengan mudah, kita harus secara perlahan-lahan berlatih untuk membangun kebiasaan baru melakukan self talk yang bersifat positif.
  • Pilihlah segala sesuatu yang positif yang dapat mempengaruhi pikiran kita agar menjadi lebih baik. Misalnya, hanya berteman dengan orang-orang yang memiliki pikiran positif, hindari berita-berita negatif saat bersosial media dan membaca buku-buku yang menginspirasi.
  • Disiplinlah dalam membangun kebiasaan berpikir positif. Ketika kita tiba-tiba mulai melakukan negative self talk lagi, segeralah hentikan hal tersebut.

 

Jika kita sudah bisa mengubah self talk dari negatif ke positif, tentunya akan banyak keuntungan yang dapat kita peroleh. Kita akan lebih fokus, terhindar dari stres dan dapat lebih bahagia.