Ada satu selebgram anak yang saya follow di akun instagram. Akun tersebut dikelola oleh ibunya. Saya tertarik mem-follow akun tersebut karena si anak ini lucu dan pintar. Setelah beberapa lama mengikuti postingannya, saya menyadari bahwa kepintaran anak ini karena ibunya bisa mengajarkan dan memberi contoh yang baik.

Seperti kita ketahui bahwa anak adalah peniru yang hebat. Mereka melakukan proses pembelajaran dari perilaku meniru. Mata mereka selalu mengamati, telinganya menyimak dan pikirannya mencerna apa yang kita lakukan. Pada akhirnya mereka akan meniru apa yang mereka lihat dan rasakan.

Anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka baik itu perilaku baik ataupun buruk. Mereka akan menjadikan orang tua sebagai role model. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya kita dapat memberi contoh yang baik kepada anak karena hal tersebut dapat membangun karakter dan kepribadian si anak. Terapkanlah nilai-nilai dan kebiasaan-kebiasaan baik di rumah dan lingkungan sekitar.

Mulailah dengan belajar untuk menghormati dan menghargai anggota keluarga, agar si anak dapat melihat dan menyadari bahwa penting sekali memiliki sikap menghormai dan menghargai orang lain.

Selain itu, kita juga bisa memberikan contoh kebiasaan-kebiasaan baik yang biasa dilakukan setiap hari di rumah, seperti berdoa sebelum dan sesudah makan, menyikat gigi sebelum tidur, membuang sampah pada tempatnya, selalu mengucapkan terimakasih jika mendapatkan bantuan dari orang lain, tidak malu untuk meminta maaf bila melakukan kesalahan, dan lain-lain, sehingga mereka akan terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut.

Ingin anak kita berperilaku baik kan? Yuk, beri contoh yang baik.