Setiap orang seringkali mengalami masalah dengan yang namanya percaya diri. Terutama ketika Anda bertemu dengan orang baru. Bukan hal aneh jika Anda merasa gugup dan bingung. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang Apa yang harus dilakukan ketika rasa percaya diri itu mulai menurun? Berikut langkah-langkah praktis yang bisa Anda praktekan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

1. Cari Penyebabnya

Setiap orang bisa jadi punya alasan berbeda untuk merasa tidak nyaman ketika berhadapan dengan orang baru. Maka dari itu cobalah cari penyebab kenapa Anda tidak merasa nyaman. Apakah karena cara berpakaian, takut dinilai orang lain, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah tahu penyebabnya, atasi sekuat yang anda mampu. At least, ketika Anda sudah tahu dan sudah coba untuk mengatasinya ketidaknyamanan itu akan berkurang dan bisa lebih diantisipasi.

2. Tersenyum

Senyum adalah cara paling mudah untuk bisa membuat kita lebih baik.Hal ini karena senyuman terkait dengan perasaan positif. Sehingga ketika bertemu dengan orang yang baru kenal cobalah tersenyum. Itu akan membuat Anda merasa jauh lebih baik.

3. Eye Contact

Sama halnya seperti senyum, eye contact atau kontak mata menunjukan pada lawan bicara bahwa Anda percaya diri. Kontak mata membantu untuk menghilangkan rasa takut dan gugup. Selain meningkatkan percaya diri, kontak mata juga punya manfaat bisa menarik dan meningkatkan kepercayaan lawan bicara pada Anda.

4. Bicara dengan santai

Bicara dengan santai akan membantu Anda menyampaikan isi pikiran atau hal yang diinginkan dengan lebih jelas dan tepat. Bayangkan jika tergesa-gesa dalam berbicara? Hal yang sudah anda rencanakan atau buat konsepnya akan berantakan karena cara bicara yang ngawur akibat gugup.

5. Berpakaian Rapi

Memang, pakaian tidak merubah kualitas kita, akan tetapi pakaian sangat bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Ketika Anda merasa penampilan Anda kurang bagus, itu akan membuat anda tidak pede, tapi ketika Anda merasa pakaian anda bagus atau keren maka Anda akan jauh lebih nyaman, senang dan tenang yang otomatis akan meningkatkan rasa percaya diri anda dalam melakukan berbagai aktivitas. Ingat lho ya, tidak perlu baru, yang penting rapi dan pantas. 😉

Sekarang, giliran Anda untuk mencoba! Semoga bermanfaat!