Apakah anda punya jurnal pribadi? Sebagian besar orang mengira jikalau menulis sejumlah hal dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang penting. Namun tahukah Anda, ada banyak temuan yang telah memperlihatkan bahwa menulis jurnal memiliki beragam manfaat. Berikut 5 manfaat menulis jurnal pribadi :

Terapi

Dr. James Pennebaker, seorang peneliti, yang juga menulis sebuah buku yang berjudul Writing to Heal, menjelaskan bahwa menulis memiliki komponen penyembuhan yang baik namun jarang disadari oleh sebagian besar orang. Dengan menulis tentang pengalaman traumatis dan emosional, manusia akan mampu mengatur, menerima masa lalu, dan melepaskan pikiran negatif.

Ruang Introspeksi

Dengan menulis jurnal maka kita semakin dimudahkan memantau aktivitas yang telah kita lakukan. Kita bisa memonitor dimana letak kesalahan atau kekurangan kita untuk kemudian dicari solusinya untuk jadi lebih baik. Itu kenapa Jurnal bisa menjadi ruang introspeksi diri yang baik dan membangun.

Lebih Bisa Bersyukur

Manfaat lain dari menulis jurnal adalah ruang untuk bersyukur. Terutama bagi mereka dengan kehidupan yang begitu sibuk dan padat, kondisi seperti itu bisa sangat sulit untuk benar-benar menyerap dan merayakan aspek positif dari kehidupan. Kita memiliki beberapa pengalaman positif setiap hari, namun sebagian besar begitu mudah dilupakan. Robert A. Emmons, dari University of California, peneliti yang berfokus pada rasa syukur telah menemukan bahwa menulis tentang apa yang kita syukuri akan berkorelasi dengan tidur yang lebih baik, tingkat kecemasan yang lebih rendah, dan kepuasan yang lebih tinggi dalam suatu hubungan yang romantis.

Sarana Relaksasi

Mungkin manfaat paling mengesankan dari menjaga sebuah jurnal adalah kemampuannya untuk mempengaruhi otak kita. Penelitian telah menemukan perbedaan yang jelas pada otak orang-orang yang bermeditasi dan mereka yang tidak bermeditasi. Karena menulis dan kegiatan seni lainnya dapat menempatkan kita dalam kondisi relaksasi atau meditatif, jurnal dapat membantu memperbaiki kerusakan otak  serta meningkatkan aktivitas otak kita.

 Menjaga Fokus ke Tujuan

Kita semua memiliki tujuan. Sayangnya, mencapai mereka tidak selalu apa yang terjadi di dunia nyata. Kita dapat melacak tujuan kita sangat erat melalui jurnal. Jurnal memungkinkan kita untuk menyusun tujuan kita menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, membawa langkah-langkah kecil menjadi kenyataan kita. Setelah sadar berpikir dan menulis tentang tujuan Kita setiap hari selama setahun, kita mungkin menemukan bahwa ada hal-hal yang berhasil dipelajari, berubah, dan mencapai sesuatu yang lebih baik. Tanpa jurnal, bekerja menuju tujuan mungkin tetap berjalan namun begitu rumit.