Jam empat pagi tadi, Saya ngobrol dengan seorang teman, sebut saja dia Badru. Awalnya kami ngobrolin tentang suatu kondisi dimana kita sedang memulai sesuatu tapi posisi kita tidak bagus. Dalam posisi yang tidak bagus ini akan ada banyak sekali alasan yang membuat kita berhenti memperjuangkan apa yang kita mulai, apalagi kalau tingkat self esteem dan self efficacy kita rendah. Padahal kita hidup di dunia ini dengan membawa peran dan bagiannya masing-masing. Nah menurut si Badru ini, yang pertama kali harus kita cari adalah life purpose.

Life purpose menjadi sangat penting untuk ditemukan karena merupakan motivasi utama dalam melakukan sesuatu dengan baik untuk mencapai goal kita. Selain itu, life purpose can guide us to make life desicions, mempengaruhi perilaku bahkan menciptakan makna dalam hidup. Sayangnya ada banyak sekali orang yang tidak aware akan pentingnya life purpose. Mereka menjalani sebagian besar hidupnya dengan keputusan yang diambil tanpa pemikiran yang jelas. Contohnya, ada orang yang memilih masuk ke perguruang tinggi dengan jurusan tertentu hanya karena coba-coba, padahal dia tidak tau akan menjadi apa setelah lulus dari sekolah tersebut. Ada juga orang yang bekerja di suatu perusahaan yang sebenarnya tidak sesuai dengan minatnya. Dan yang lebih parahnya lagi, ada orang yang memutuskan untuk menikah hanya karena afraid of being alone. Hiiiih ngeriii.

Tujuan hidup tiap orang berbeda-beda. Biasanya hal tersebut berhubungan dengan apa yang bisa membuatnya merasakan kebahagiaan yang dalam. Ada yang tujuan hidupnya berhubungan dengan pekerjaan, seperti concern di musik dan ada juga yang take care of others sebagai relawan. Bagi sebagian yang lain mungkin tujuan hidupnya terletak pada tanggung jawab kepada keluarganya. Sebagiannya lagi bisa jadi memaknai hidupnya melalui kegiatan spiritual dan keyakinan agama. Tujuan hidup dari orang yang sama pun dapat berubah seiring dengan perjalanan waktu yang dipengaruhi oleh responnya terhadap prioritas dan pengalaman.

Bagi beberapa orang memang tidak mudah untuk tau apa tujuan hidupnya. Kita pasti pernah bertanya pada diri sendiri, “Apa yang harus Saya lakukan dengan hidup Saya?” atau “Apa sih tujuan hidup Saya?”. Nah, untuk mengetahui apa tujuan hidup kita, yang bisa kita lakukan adalah.

Pertama, temukan hal-hal yang Anda sukai dan yang membuat Anda bahagia. Coba tanyakan pada diri Anda, apa yang membuat Anda merasa bahagia dan bersemangat. Mungkin Anda menjawab dengan mengajar Anda merasa bersemangat, atau dengan membantu orang lain bisa membuat Anda merasa berarti. Jawaban dari pertanyaan ini pasti beragam.

Setelah mengetahui apa yang Anda sukai, sudah waktunya Anda untuk get more action. Jangan overthinking dengan bertanya-tanya, “Berhasil gak ya?”, “Harus nyoba gak ya?”, “Gimana kalau gak menghasilkan uang?” dan lain-lain. Yang harus Anda lakukan adalah mulai mengerjakan apa yang Anda sukai dan lakukanlah dengan konsisten. Karena kalau hanya dipikirkan, kita tidak akan pernah tau kita on the right track atau tidak. So, action!

Actually, finding life purpose is a life-long journey. Hal ini juga bisa dijadikan pembelajaran hidup. Kita akan menemukan waktu dimana kita harus berhenti dan mengevaluasi apa tujuan kita. Dan kita sadar bahwa tidak semua dapat dilakukan dengan mudah. Proses menjadi bagian penting dalam hal ini. Selain itu, dengan mempunyai tujuan hidup kita tidak akan mudah menyerah dalam menghadapi masalah. So, find your life purpose for a better life.