Pernah gak pas lagi seru-serunya ngobrol di grup chatting terus tiba-tiba suasana jadi gak enak karena ada teman yang baper? Pasti pernah dong ya. Atau jangan-jangan orang yang baperannya itu kamu? Hehe. Jangan sampai deh ya, karena itu bisa bikin orang lain kesel dan gak mau lagi temenan sama kamu loh.

Baper alias bawa perasaan adalah kondisi dimana seseorang terlalu larut dalam emosi/ perasaan tertentu saat sesuatu terjadi pada dirinya. Biasanya sih perasaannya lebih kearah yang negatif, seperti merasa sedih, galau dan mudah tersinggung. Dan biasanya lagi, baper membuat kita berpikiran negatif atau berprasangka buruk terhadap orang lain, padahal mungkin maksud orang lain cuma bercanda.

Baper yang dibarengi mudah tersinggung dan terlalu serius will kills your happiness. Rugi banget deh kalau udah baper yang modelnya kayak gini. Hidupnya gak akan asyik.

Agar bisa menghindari baper, ada baiknya kita tau apa saja yang bisa membuat baper. Yang pertama, biasanya orang yang baperan itu terlalu menganggap serius suatu perkara yang sebenarnya sepele. Orangnya gak bisa diajak bercanda. Kedua, orang yang baperan biasanya sedang mengalami tingkat stres yang tinggi dan tertekan sehingga sangat mudah merasa tersinggung oleh ucapan orang lain. Ketiga, mereka juga cenderung memiliki sifat yang egois dan tidak mau dikritik. Jika orang dengan sifat egois yang tinggi ini terlibat dalam percakapan dengan orang lain dan apa yang dibicarakannya tidak sesuai dengan yang diharapkan maka mereka akan menjadi mudah tersinggung. Keempat, mereka mempunyai pemikiran yang kaku dan sempit sehingga sulit beradaptasi dengan suatu kondisi/ lingkungan tertentu. Contohnya, disaat orang lain sedang bercanda eh dia malah menanggapinya dengan serius. Baper deh.

Nah agar kita gak baperan, cobalah untuk bersikap lebih terbuka, dewasa dan lebih memahami perasaan orang lain. Selain itu, jangan mudah menyimpulkan suatu persoalan dan belajarlah menerima perbedaan pendapat. Banyak-banyaklah tersenyum dan tertawa bersama teman-teman. Dan yang terakhir, jangan diem-diem bae, piknik lah. Santai, Jek 😀