Saat sedang sedih, kecewa dan galau, kita (saya sih lebih tepatnya) memilih untuk mendengarkan lagu yang mempunyai lirik yang bisa mendeskripsikan perasaan kita. Kita akan senang mendengarkan lagu dengan irama yang lambat dan mendayu-dayu, yang dianggap cocok didengarkan saat suasana hati sedang melankolis.

Mungkin bagi sebagian orang, hal tersebut merupakan tindakan yang tidak tepat karena bisa memperburuk keadaan. Tapi kok rasanya tidak pas kalau sedang sedih mendengarkan lagu yang ceria.

Tapi belakangan saya bertanya-tanya, sebetulnya tepat gak sih mendengarkan lagu sedih saat kondisi kita sedang tidak baik?

Melepaskan emosi

Ternyata mendengarkan lagu galau atau sedih bisa membantu kita untuk mengekspresikan kesedihan yang kita rasakan. Lagu galau bisa membuat kita melepaskan emosi. Dengan melepaskan emosi, kita bisa merasa lega dan mengurangi rasa sedih di dalam diri. Setelah merasa lega dan rasa sedih berangsur hilang, selanjutnya kita akan merasa lebih baik dan bahagia.

Selain itu lagu galau juga bisa membantu pendengarnya mempunyai penilaian positif dalam menyelesaikan masalah. Dan biasanya nih, dengan merenungkan lirik lagu galau bisa meningkatkan pendewasaan pribadi. Lagu sedih juga bisa mendorong kita untuk melakukan refleksi terhadap diri sendiri.

Coba bayangkan apa yang terjadi jika kita tidak bisa melepaskan kesedihan dan malah menyimpan rasa sedih? Hal yang akan terjadi adalah munculnya emosi negatif, perasaan sedih, kecewa dan kehilangan yang lebih besar.

Ada sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Freie Universitat Berlin yang menunjukkan bahwa musik yang sedih bisa membangkitkan emosi positif bagi pendengarnya. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa musik sedih bisa membuat seseorang terhibur dan membantu mengatur suasana hati yang buruk.

Nah ternyata mendengarkan lagu galau yang mendayu-dayu ada manfaatnya juga kan. Namun walaupun begitu, sebaiknya jangan terlalu lama mendengarkan lagu galau. Jika suasana hati sudah membaik, segera dengarkan lagu-lagu yang lebih nge-beat dan fun. Agar pikiran kita lebih positif dan tingkat kebahagiaan meningkat.

So, try to take a sad song 🙂