Selain keluarga inti, teman merupakan orang terdekat kita yang mempunyai peran cukup signifikan terhadap pembentukan karakter kita. Oleh karena itu kita harus pintar-pintar dalam memilih teman. Teman yang saya maksud disini adalah teman dekat/ sahabat/ inner circle ya, bukan yang sekedar kenalan atau teman biasa. Kalau yang sekedar kenalan atau teman biasa sih kita tidak perlu pilih-pilih. Bertemanlah dengan siapa saja dan bertemanlah dengan sebanyak-banyaknya orang.

teman mempunyai pengaruh dalam pembentukan karakter kita

Seperti yang saya katakan sebelumnya, teman mempunyai pengaruh dalam pembentukan karakter kita, maka penting sekali dalam memilih teman. Pilihlah teman yang tidak sekedar asyik untuk diajak hang out tapi juga yang bisa memberi kita nilai-nilai yang positif.

Seiring dengan berjalannya waktu, saya yakin kita akan dengan sendirinya mencari teman dengan karakter-karakter yang kita butuhkan. Paling tidak itu yang saya alami dan lakukan sekarang. Saat ini saya cenderung memilih teman yang satu vibe dengan saya. Saya memilih teman yang mempunyai karakter-karakter yang baik. Bukan karena saya merasa baik, justru karena saya ingin belajar dan berusaha menjadi baik.

Berteman dengan orang yang berpikiran positif dapat membuat kita memiliki pikiran yang positif juga. Hal ini terjadi karena energi positif yang dikeluarkan oleh teman kita tersebut mempengaruhi orang-orang di sekitarnya. Hindari toxic person yang suka mengeluh, nyinyirin orang dan baper (in a wrong way ya karena ada baper yang baik juga ternyata), karena jika kita tetap berteman dengan orang seperti ini bukan tidak mungkin kita akan melakukan hal yang sama.

Penting juga untuk kita memilih teman yang tidak hanya membersamai kita untuk grow old tapi juga untuk grow up. Teman yang bisa membantu dan mengajak kita untuk berkembang. Misalnya, teman kita mengetahui potensi kita dalam suatu bidang dan dia berusaha untuk memberikan challenge kepada kita melalui project bersama. Atau saat kita punya hobby baru dan ternyata teman kita expert di bidang tersebut, dia dengan senang hati untuk mengajari kita.

Selain itu, be friends with people who will inspire you to improve all aspects in your life. Jangan berpikir kalau orang-orang yang menginspirasi itu orang-orang yang terkenal dan telah melakukan banyak hal. Orang-orang di sekitar kita yang ternyata teman kita pun nyatanya banyak yang bisa membuat kita terinspirasi dan dijadikan contoh. Misalnya, kita bisa terinspirasi oleh teman kita yang bijak dalam menghadapi masalah, atau yang pintar dalam me-manage emosinya, atau yang kita anggap baik dalam hal bersosialisasinya, dll. Jika kita berteman dengan orang seperti ini, kita bisa belajar untuk melakukan hal yang sama.

Sudahkah memilih teman yang bisa membuat kita menjadi lebih baik?

%d blogger menyukai ini: