Okay, kali ini saya akan membahas lagi mengenai salah satu dari enam belas tipe kepribadian MBTI. Beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang tipe kepribadian INFP. Saat ini saya akan mengulas sedikit tentang tipe kepribadian yang sangat bertolak belakang dengan INFP, yaitu tipe kepribadian ESTJ.

Kebetulan adik saya termasuk orang dengan tipe kepribadian ESTJ. Sebetulnya sih kecenderungan S (sensing)-nya lebih dipengaruhi oleh lingkungannya. Jadi mungkin perbedaan persentase antara S (sensing) dan N (intuitive)-nya sangat kecil. Tapi tidak apa, saya akan mengamati dia sebagai seorang ESTJ.

ESTJ singkatan dari Extrovert, Sensing, Thinking, Judging.
Extrovert (E)

Para ESTJ memiliki atribut E yang membuat mereka tidak begitu betah di rumah dan berdiam diri. Selalu saja ada alasan untuk keluar “kandang” dan bertemu dengan orang lain. Mereka sangat senang berkumpul bersama komunitas. Mereka tampak bersemangat saat berada di dalam interaksi sosial. Energi mereka seakan tidak pernah habis. Kadang saya heran kenapa adik saya begitu aktif dan seperti tidak pernah merasa lelah.

Sensing (S)

Komposisi S dalam diri seorang ESTJ membuat mereka sangat concern pada fakta dan data. Menikmati mempelajari hal-hal yang bisa dilihat, dirasakan, dialami langsung oleh indera mereka. Tidak menyukai hal-hal yang bersifat abstrak dan tidak pasti. Mereka adalah orang yang sistematis.

Hal yang paling mudah dikenali dari seorang ESTJ adalah bicaranya yang blak-blakan. Dalam berkomunikasi, mereka tidak ragu dalam mengutarakan pendapat dan harapan kepada orang lain. Tidak sedikit orang yang merasa sebal dan kesal karena kata-katanya yang menusuk. Namun hal tersebut mereka lakukan karena ingin jujur, berbicara sesuai dengan realita dan tidak ingin ada yang ditutup-tutupi.

Thinking (T)

Mereka adalah orang yang sangat vokal. Kadang mereka terlihat senang mengkritik. Komponen E dan T membuat mereka lihai dalam menyadari kesalahan dan kekurangan. Hal tersebut membuat para ESTJ dianggap suka mencari-cari kesalahan. Padahal mereka melakukannya secara spontan dan tidak bermaksud buruk.

Judging (J)

ESTJ adalah orang yang rasional dan logis. Mereka memiliki visi yang jelas tentang masa depannya. Mereka sudah memikirkan langkah apa yang harus diambil untuk mencapai visinya. Mereka menekankan pada standar yang objektif dan tujuan yang terukur.

Para ESTJ terlihat sangat percaya diri, tegas dan berpendirian. Mereka umumnya mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi. ESTJ dikenal sebagai orang yang bertanggungjawab, berpegang teguh pada komitmen, bisa diandalkan dan setia. Mereka juga cepat dalam bertindak dan mengambil keputusan. Selain itu, ESTJ juga dikenal sebagai organizer yang handal.

Jadi, apakah Anda termasuk ESTJ si Pemikir yang ekstrovert dengan indera?