Di seri tipe kepribadian MBTI, saya sudah mengulas sedikit tentang INFP dan ESTJ. Kali ini saya akan membahas tentang tipe kepribadian INFJ. Tipe kepribadian INFJ dianggap sebagai tipe kepribadian yang sangat jarang. Konon katanya populasi orang-orang INFJ di dunia ini tidak lebih dari tiga persen.

INFJ (Introvert, iNtuition, Feeling, Judging)

INFJ menunjukkan seseorang yang mendapatkan energi dari dalam dirinya (Introvert), yang berfokus pada ide, gagasan dan konsep (iNtuition), yang mengambil keputusan berdasarkan perasaan dan nilai-nilai (Feeling) dan yang lebih terstruktur dan terorganisir (Judging).

INFJ adalah individu yang lembut, perhatian, kompleks dan sangat intuitif. Mereka adalah seorang yang visioner yang menghasilkan imajinasi kreatif dan ide-ide brilian. Mereka memiliki substansi dan kedalaman dalam cara berpikir.

Fungsi dominan seorang INFJ adalah introvert intuition (Ni) -fungsi dominan adalah cara utama seseorang dalam memproses informasi dan berinteraksi dengan dunia-. Karena fungsi dominan tersebut, kekuatan intuisi mereka sangat tajam dan merupakan kualitas terkuat mereka. Terkadang mereka memiliki firasat yang tidak dapat mereka jelaskan. Mereka sering mengetahui sesuatu tanpa bisa tau mengapa atau bagaimana mereka mengetahuinya.

INFJ, The Counselor

Para INFJ juga dikenal sebagai seorang yang bijaksana. Maka tidak heran jika mereka sangat cocok dijadikan tempat curhat. Mereka lihai dalam memberi nasihat kepada orang lain. Mereka akan merasa bahagia dan puas jika bisa membantu dan mencerahkan orang lain dengan wawasannya. Oleh karena itu orang-orang INFJ disebut sebagai The Counselor.

Selain itu, kaum INFJ merupakan orang-orang yang sangat peka terhadap orang lain. Mereka akan dengan mudah ‘membaca’, memahami keadaan emosi dan motivasi orang lain dalam melakukan sesuatu. Dan jangan coba-coba untuk berbohong pada orang-orang INFJ karena mereka akan dengan sangat mudah mengetahuinya.

Kekuatan INFJ dalam berempati, peduli terhadap orang dan masuk ke dalam emosi seseorang merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam menciptakan keintiman dengan orang lain. Para INFJ adalah orang yang kreatif, idealis dan gigih dalam mengambil tindakan positif. Mereka akan mengerahkan energi mereka untuk memastikan bahwa orang lain mendapatkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan.

Terkadang beberapa orang salah menilai orang-orang INFJ. Mereka menganggap INFJ sebagai seorang ekstrovert karena ketertarikannya pada orang dan hubungan/ interaksi dengan orang lain. Padahal INFJ adalah introvert sejati yang hanya bisa menunjukkan perasaan emosionalnya kepada orang-orang yang mereka pilih.

Biasanya INFJ lebih ekspresif di atas kertas. Mereka cenderung memiliki kemampuan menulis yang sangat baik. Maka dari itu INFJ sangat berbakat menjadi penulis.

Tidak seperti tipe idealis lainnya, INFJ merupakan seorang yang tegas. Kreativitas, wawasan dan inspirasi yang mereka miliki mampu mereka tindaklanjuti dengan kemauan keras, keyakinan dan perencanaan yang baik untuk mewujudkan keinginan mereka agar menjadi nyata.

Namun orang-orang dengan kepribadian INFJ termasuk orang yang sensitif. Mereka akan sangat berhati-hati untuk tidak menyakiti siapa pun melalui kata-kata atau tindakan mereka. Mereka sangat rentan terhadap kritik dan konflik. Mereka juga sangat menjaga privasi mereka, bahkan kepada teman-teman baik mereka. Mempercayai teman baru adalah hal yang menantang bagi mereka. INFJ juga merupakan orang yang perfeksionis.

INFJ merupakan perencana dan ahli strategi yang baik. Mereka menyelesaikan sesuatu secara sistematis, tetapi mereka juga memahami hal-hal tanpa fakta yang kongkret. Meskipun terlihat pendiam seperti intovert lainnya, INFJ akan tetap terlibat dalam adu argumen jika pandangan mereka ditentang.

Nah kira-kira begitulah sedikit uraian mengenai tipe kepribadian INFJ. Semoga bermanfaat.