Saya rasa tidak ada orang yang suka mempunyai teman dengan sifat bossy. Salah satunya, saya. Saya paling malas berinteraksi dengan orang yang bossy. Namun sayangnya, saya pernah berhadapan dengan orang yang mempunyai sifat tersebut.

Sifat bossy berkaitan dengan tingkah laku atau attitude. Ia bertindak layaknya seorang boss padahal bukan boss. Orang dengan sifat ini sukanya ngatur orang, merintah sana-sini, cenderung meremehkan orang lain, suka melimpahkan tugas kepada orang lain dan terkadang gampang emosi.

Sebenarnya apa sih yang membuat seseorang mempunyai sifat bossy? Menurut saya, seseorang mempunyai sifat nge-boss bisa jadi karena dia merasa lebih baik daripada orang-orang di sekitarnya. Ia merasa lebih pintar, lebih capable dan lebih berprestasi, sehingga ia merasa tidak masalah jika memerintah dan meremehkan orang lain.

Selain itu, sifat bossy juga bisa disebabkan oleh selalu terpenuhinya keinginan-keinginan di dalam kehidupannya. Contoh, seseorang yang terbiasa dilayani oleh ART saat di rumahnya, secara tidak sadar membawa sikap tersebut dalam lingkungan kerja dan pertemanannya akibatnya ia menjadi terbiasa dalam memerintah orang lain. Jadi dalam hal ini yang perlu diperbaiki adalah kemampuan dalam menempatkan diri dimana kita berada dan bagaimana cara mengatur attitude kepada orang lain.

Nah sebagai teman, sebaiknya kita memberitau saja secara langsung kalau sifat bossynya itu tidak baik dan sangat mengganggu orang lain. Jangan ragu juga untuk memperlihatkan kalau kita keberatan dengan sikapnya tersebut.