• Relationships

Meningkatkan Kepercayaan

Setiap orang pasti setuju bahwa kepercayaan adalah salah satu hal yang paling penting dalam membangun sebuah hubungan, baik itu hubungan bisnis, pasangan, orang tua, klien atau pun pertemanan. Dengan adanya kepercayaan, akan tercipta kerjasama yang baik  antar orang di dalam suatu hubungan agar hubungan yang sedang dibangun berjalan dengan baik. Kepercayaan di dalam suatu hubungan tidak dibangun dalam waktu yang singkat, dibutuhkan kebiasaan yang konsisten dalam interaksi sehari-hari. Untuk meningkatkan kepercayaan di dalam suatu hubungan, ada hal-hal yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah:

Berilah kepercayaan kepada orang lain. Ada ungkapan yang menyatakan bahwa orang yang tidak bisa mempercayai orang lain adalah orang yang tidak bisa dipercaya. Maka, jadilah orang yang pertama dalam memberikan kepercayaan.

Jujurlah kepada partner kita. Jangan pernah sekali-kali mencoba untuk membohongi orang lain karena hal tersebut akan membuat orang lain tidak percaya kepada kita.

Bersikaplah tulus. Ketika kita terbuka dan tulus kepada orang lain maka kepercayaan orang lain akan meningkat kepada kita.

Jadilah orang yang dapat diandalkan. Lakukanlah tindakan-tindakan yang dapat memberi nilai tambah untuk orang lain. Penuhilah keinginan partner kita dalam upaya meningkatkan kepercayaan untuk membuat hubungan yang baik.

Terbukalah dalam menerima feedback. Kita harus terbuka dalam menerima saran dan kritikan dari partner kita. Tidak bersikap defensif maupun reaktif dalam menanggapi kritik. Jadikan hal tersebut sebagai cara agar kita lebih dewasa dan dapat mengembangkan diri.

Selalu menepati janji. Tepatilah semua janji yang telah kita buat. Make your action match your words agar orang menghargai kita dan menaruh kepercayaan yang tinggi kepada kita.

Be consistent. Bersikaplah konsisten atas perilaku-perilaku dan kebiasaan-kebiasaan baik yang kita lakukan untuk memperoleh kepercayaan orang lain.

Selamat mencoba hal-hal di atas untuk meningkatkan kepercayaan ya…

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Most Popular

Ho’oponopono : Metode Terapi Penyembuhan Diri

Ho’oponopono. Satu kata yang disebutkan oleh salah satu member grup yang saya ikuti, konon katanya bisa menjadi solusi mudah untuk meluruhkan emosi negatif dan memori...

Apa Jadinya Kalau Kamu Adalah Seorang Melankolis-Plegmatis?

Pemahaman untuk mengenali diri sendiri tampaknya masih menjadi topik yang sangat disukai oleh kita sebagai manusia. Karena kebanyakan dari kita masih bingung dalam hal...

INFP : Kepribadian Si Idealis

Minggu lalu saya menulis tentang tipe kepribadian MBTI secara general. Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang salah satu dari enam belas tipe kepribadian...