Belajar Menerima Kenyataan

Tidak semua yang terjadi di dalam hidup adalah apa yang kita inginkan. Terkadang kita harus menghadapi sesuatu hal atau kejadian yang dapat membuat kita terluka, marah, kecewa dan merasa kehilangan. Hal yang harus kita lakukan saat menghadapi kejadian yang tidak kita inginkan adalah dengan cara menerima kenyataan. Memang, saat menghadapi suatu kejadian yang tidak kita inginkan, kita akan merasa sulit untuk menerima kenyataan tersebut. Namun sebenarnya akan terasa lebih sulit jika kita tidak bisa menerima hal tersebut.

Saat menghindari dan menolak suatu kenyataan yang tidak kita inginkan sesungguhnya kita sedang menambahkan penderitaan pada rasa sakit kita. Selain itu, perilaku menghindari kenyataan juga dapat menyebabkan depresi, kecemasan dan mengurangi kemampuan dalam merasakan kebahagiaan.

Accepting tidak sama dengan agreeing

Selama ini kebanyakan orang tidak dapat membedakan antara accepting dan agreeing. Mereka menganggap bahwa dua hal tersebut adalah sama. Namun sesungguhnya dua hal tersebut mempunyai makna yang berbeda. Accepting doesn’t mean agreeing. Menerima bukan berarti bahwa kita menyetujui dan menyukai tindakan dan situasi yang terjadi, tapi mengakui bahwa hal itu terjadi dan it is real.

Menerima suatu kejadian atau kenyataan dengan sepenuh hati, jiwa dan pikiran disebut radical acceptance. Menerima berarti kita menyadari bahwa hal tersebut sudah terjadi dan tidak dapat diubah, kita juga menyadari bahwa ada hal yang bisa kita kontrol dan yang tidak bisa kita kontrol, kita berhenti untuk menolak kenyataan dan dapat belajar mengambil sesuatu hal yang baik dari kenyataan yang menyakitkan tersebut.

Manfaat dari radical acceptance adalah dapat memberi kita kemampuan untuk merawat diri sendiri dengan cara yang realistis dan sesuai dengan keadaan diri kita, dapat membantu mengatur emosi agar dapat mempertahankan fokus dengan jelas dan tenang, dapat memberi kekuatan untuk berubah menjadi lebih baik seperti yang kita inginkan dan mempunyai pandangan hidup yang lebih baik.

Dari manfaat-manfaat yang dapat kita peroleh, maka radical acceptance ini sangat layak untuk dipelajari. Saat mempelajari dan berlatih radical acceptance mungkin kita akan mengalami kesulitan namun kita harus tetap berlatih agar kita dapat terbiasa untuk menerima kenyataan walaupun kenyataan tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Tulisan SebelumnyaBelajar Tentang Submodalitas
Tulisan BerikutnyaMenghindari Overthinking

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Most Popular

Apa Jadinya Kalau Kamu Adalah Seorang Melankolis-Plegmatis?

Pemahaman untuk mengenali diri sendiri tampaknya masih menjadi topik yang sangat disukai oleh kita sebagai manusia. Karena kebanyakan dari kita masih bingung dalam hal...

Ho’oponopono : Metode Terapi Penyembuhan Diri

Ho’oponopono. Satu kata yang disebutkan oleh salah satu member grup yang saya ikuti, konon katanya bisa menjadi solusi mudah untuk meluruhkan emosi negatif dan memori...

INFP : Kepribadian Si Idealis

Minggu lalu saya menulis tentang tipe kepribadian MBTI secara general. Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang salah satu dari enam belas tipe kepribadian...