As a human being kayaknya kita gak pernah lepas dari rasa khawatir. Malah mungkin sebagian orang terlalu banyak rasa khawatirnya. Kita kadang merasa khawatir kalau kita gak cukup pintar, gak cukup menarik dan gak cukup baik. Dan rasa khawatir yang lebih banyak dirasakan oleh manusia biasanya adalah tentang penilaian orang lain. Kita khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan terhadap kita, khawatir salah bicara pada orang lain dan khawatir salah bersikap pada orang lain. Oh iya kita juga biasanya terlalu mengkhawatirkan masa depan.

Sebenarnya rasa khawatir itu wajar dan sangat normal. Hanya saja jika kita khawatir berlebihan akan merugikan diri sendiri. Loh kok bisa? Iyalah, karena jika kita terlalu larut dan tenggelam dalam perasaan ini, energi kita akan terkuras, rasa insecure jadi tinggi, bikin gak percaya diri, stres bahkan depresi. Hal-hal tersebut bisa bikin produktivitas kita menurun loh. Rugi banget kan?

Nah karena rasa khawatir itu wajar dan sangat manusiawi, jadi bolehlah kita merasa khawatir, tapi gak usah lebay ya. Kita harus bisa menguasai diri dan bisa mengendalikan rasa khawatir itu. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan rasa khawatir, diantaranya adalah:

Selalu bersyukur.

Lagi lagi tentang rasa syukur. Tapi memang cara ini adalah cara yang ampuh untuk semua permasalahan kok. Dengan rasa syukur kita akan menghargai apa yang kita punya dan ikhlas dalam menjalani apapun yang terjadi dalam hidup kita sehingga kita bisa menghindar dari rasa takut, cemas dan khawatir yang berlebih.

Cari penyebab dan solusi dari rasa khawatir.

Coba deh kita cari tau apa sih yag bikin kita khawatir. Setelah kita tau penyebab kekhawatiran kita, kita bisa mencari hal-hal apa saja yang bisa menghindarkan kita dari kekhawatiran kita tersebut.

Do what you wanna do!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa khawatir adalah dengan cara melakukan apa yang kita sukai. Kita bisa melakukan hobi kita, jalan-jalan, nonton atau sekedar nongkrong bareng teman-teman.

Positive thinking.

Khawatir yang berlebihan menyebabkan kita berpikiran negatif terhadap diri dan lingkungan kita. So, ayolah kita positive thinking aja. Jangan sampai rasa khawatir membuat kita membatasi diri untuk berkembang dan bersosialisasi.

Stop too much worry, guys. Lagian apa yang kita khawatirkan belum tentu terjadi kan? Jadi jalani saja apa yang terjadi sekarang dengan sebaik-baiknya. Semoga tipsnya bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here