Pernahkah Anda merasa bosan? Jenuh dengan apa yang Anda kerjakan sehingga menyebabkan tertundanya pekerjaan yang harus diselesaikan? Merasa bosan memang sesuatu hal yang wajar. Setiap manusia normal pasti pernah merasakannya. Namun jika sudah melampaui batas, hal tersebut tidak baik bagi kehidupan. Kebosanan yang berkelanjutan dapat menyebabkan rasa malas yang akut, percaya diri yang rendah dan membuat hubungan dengan orang lain menjadi tidak baik. Untuk itu, Anda harus mencari tau penyebab dari rasa bosan agar bisa mengatasinya.

Menurut Fisher, rasa bosan didefinisikan sebagai suatu kondisi perasaan yang tidak menyenangkan dan bersifat sementara, dimana seseorang merasakan kehilangan minat dan sulit berkonsentrasi terhadap aktivitas yang sedang dilakukan. Pada orang dewasa, kebosanan seringkali disebabkan oleh kurangnya stimulus intelektual. Penelitian menemukan bahwa kecenderungan bosan (boredom proneness) secara jelas dan konsisten terkait dengan gangguan-gangguan perhatian. Kecenderungan bosan telah terbukti terkorelasi secara kuat dengan hilangnya fokus/ perhatian.

Berikut akan saya sebutkan hal-hal yang bisa menyebabkan kebosanan:

Melakukan hal yang monoton

Ritme hidup yang begitu-begitu saja tanpa adanya perubahan merupakan penyebab kebosanan yang utama. Hal apapun yang dapat diprediksi dan berulang menjadi membosankan. Secara umum, terlalu banyak hal yang sama namun terlalu sedikit stimulasi dapat menyebabkan tidak adanya keinginan untuk melakukan hal tersebut lagi. Cobalah untuk merubah gaya hidup atau cara kerja Anda. Berinovasilah agar Anda tidak cepat bosan.

Tidak ada tantangan

Sesuatu yang cenderung biasa-biasa saja dan mudah bisa sangat membosankan. Untuk itu perlu adanya hal yang menantang namun sesuai dengan kemampuan. Sedangkan sesuatu yang dianggap terlalu sulit dapat menimbulkan kecemasan. Oleh karena itu, keterampilan seseorang harus disesuaikan dengan tingkat tantangan yang diberikan agar tidak terjadinya kebosanan maupun kecemasan.

Tidak ada aktivitas

Saat tidak ada yang dikerjakan atau tidak tau harus melakukan apa, kita pasti merasakan kebosanan. Cara mensiasatinya, Anda bisa melakukan hobi ataupun bersosialisasi dengan orang lain.

Kondisi yang tidak menyenangkan

Kadang-kadang kita dihadapkan pada kondisi yang tidak menyenangkan. Misalnya: menunggu, mengerjakan sesuatu yang tidak kita sukai, harus mengobrol dengan orang yang tidak disukai, dan lain-lain.

Kesendirian

Walaupun ada orang yang cenderung lebih suka sendiri, namun sebagian besar dari kita tidak suka sendirian karena sangat membosankan.

Jika sudah mengetahui apa yang membuat kita merasa bosan, kita diharapkan bisa mencari solusi untuk menghilangkan kebosanan tersebut. Tingkatkan lah ide-ide dan kreativitas Anda agar tidak cepat bosan. Ubahlah pola pikir (mindset) Anda agar menjadi kreatif. Miliki lah tujuan hidup dan mimpi-mimpi yang membuat Anda bersemangat dan tidak cepat bosan untuk meraihnya. Anda juga bisa beristirahat sejenak dan melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk mengusir kebosanan.

Nah, ternyata kebosanan adalah hal yang wajar ya. Yang perlu kita lakukan hanya mencari tau apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat 🙂