Galau, galau, dan galau. Siapa sih yang tidak pernah galau? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, galau diartikan sebagai “kacau tidak keruan (pikiran)”. Kacau tidak keruan di dalam pikiran ini di dunia terapi biasanya disebabkan oleh 2 hal, bisa karena emosi negatif atau karena memori negatif. — P3K : Pertolongan Pertama Pada Kegalauan

Saya terkadang heran, dalam kondisi galau sebenarnya banyak hal dalam hidup kita yang tidak bisa kita optimalkan. Fokus terganggu, mood naik turun, produktifitas berkurang, terbebani iya, gelisah iya, sedih juga iya, dsb. Namun entah kenapa masih banyak yang sepertinya menikmati hanyut dalam kegalauan, padahal semakin hanyut semakin terasa berat pula rasanya untuk keluar dari jebakan galau. Eits Sebentar.. Kamu yang baca tulisan ini bukan orang yang seperti itu kan? Masih mau terus hanyut dalam kegalauan?  ?

Saya kira dari pertanyaan di atas, jawaban dari kebanyakan orang akan bilang “GAK mau dong! Maunya berhenti galau tapi…”. Wooooy ada TAPI-nya wooooy!  ?

Hmmm.. ok saya tanya sekali lagi ya.. Jawab dengan singkat padat dan jelas YA atau TIDAK! Tidak boleh ada tambahan tapi anu tapi itu!

Masih mau terus hanyut dalam kegalauan? 

Saya yakin kali ini sudah banyak yang bisa bilang TIDAK dengan lantang tanpa embel-embel tapi anu tapi itu. Mantap.

“Mas kok ya saya masih ada tapinya, tapi please mas saya udah capek galau. Saya pengen berhenti.”

Ada kok solusinya, tapi pasti tahu dong jika kamu tidak mengambil tindakan.. Solusi itu hanya akan jadi sekedar WACANA saja alias PERCUMA!LAKUKAN SEGERA aksi P3K (Penanganan Pertama Pada Kegalauan) jika memang kamu serius ingin terbebas dari kegalauan.

Langkah P3K :

1. AKUI

LANGKAH PERTAMA, kalau kamu sekarang lagi galau NGAKU BRO NGAKU! Tidak perlu ditutup-tutupi. Percuma saja kalo di depan orang lain kamu baik-baik saja pulang ke rumah sendirian kamu malah melipir di pojok kamar terus galau. Misuh-misuh sendiri, ada orang senang kamu malah ngerasa pengen ngomelin dia, nangis sesegukan atau bahkan jedot jedotin kepalamu ke tembok.  ?

Udah ngaku sekarang juga lebih cepat lebih baik, “IYA SAYA GALAU!”

Katakan sekali lagi “IYA SAYA GALAU!”

2. TERIMA

LANGKAH KEDUA, siapa yang tadi jawabnya masih pake tapi anu tapi itu? Kalau jawabanmu masih ada tapi anu atau tapi itu, artinya kamu masih belum terima dengan kegalauanmu. Bisa karena kegalauanmu karena kelakuan orang lain, kamu masih ga mau terima kenyataan kalo kamu itu salah, atau kamu mengeluarkan segala jurus yang kamu tahu untuk sekedar membela EGO mu ?

STOP MAIN DRAMA! STOP PEMBELAAN! STOP VICTIM MENTALITY! STOP MENCARI BENTUK IDEAL! STOP!

Mau datangnya dari siapa, KEGALAUAN yang kamu rasakan itu adanya DI DALAM PIKIRANMU! BUKAN DI ORANG LAIN! Bahkan bisa jadi orang lain malah enak tidur nyenyak disaat kamu GALAU SENDIRI!

GA MUDAH tentunya, tapi TELEN SEMUA! TERIMA KENYATAAN! Ingat kalo kegalauan ini diteruskan bisa semakin BERBAHAYA. Bisa bikin BLUNDER-mu kemana-mana. TERIMA SEKARANG JUGA!

3. ATASI, FOKUS PADA SOLUSI!

ATASI KEGALAUANMU SEGERA! KEGALAUANMU TANGGUNG JAWABMU! 

Jangan sampai begitu kamu sadar semuanya sudah luluh lantak, sudah tidak bisa kamu perbaiki, sehingga kamu dapat oleh-oleh PENYESALAN yang BESAR! UDAH GALAU MENYESAL, RUGI AMAT SIH!  ?

FOKUS PADA SOLUSI! Kamu EMOSI (Cemas, Takut, Marah, Sedih, Berekspektasi lebih alias Ngoyo)? Cari cara redakan EMOSINYA, Kamu punya TRAUMA?? Cari cara sembuhkan TRAUMANYA! Apapun itu mental block, karirmu, keuanganmu, hubunganmu, cari cara untuk menyelesaikannya. BERHENTI LARI! Jangan biarkan hal-hal itu menjadi bahan ALASAN yang kamu gunakan untuk tetap terkurung di JEBAKAN GALAU ini. APAPUN MASALAHNYA CARI SOLUSI PENYELESAIANNYA!

TIDAK USAH NUNGGU ORANG, APALAGI NUNTUT ORANG SAMBIL NYALAHIN ORANG!

Mas dari tadi mas bilang atasi, atasi melulu. Kasih contoh dong bagaimana cara mengatasinya?

Bentar tarik nafas dulu..

Ok, saya kasih contohnya. Di tulisan sebelumnya yaitu “Ho’oponopono : Metode Terapi Penyembuhan Diri” saya sudah memberi cara praktis bagaimana menerapkan metode ini sebagai solusi yang bisa kamu coba untuk meredakan, meluruhkan, dan membersihkan kegalauanmu. Entah itu asalnya dari emosi negatif atau memori negatif, semua bisa diselesaikan dengan metode tersebut. Silahkan dicoba, namun apabila terasa kurang lengkap silahkan googling sendiri, cari solusi yang paling tepat menurutmu untuk segera terBEBAS dari JEBAKAN GALAU.

Kalau kamu merasa seperti abis dimarahi, digebuki, perih tersayat-sayat itu tandanya ada kegalauan yang sedang menetap pada dirimu dan P3K ini yang nyolek-nyolek, nonjokin bahkan mecutin kamu biar segera terBEBAS.  ?

Semoga bermanfaat..