Relaksasi adalah suatu keadaan dimana pikiran, jiwa, mental, dan emosi dalam keadaan tenang, tidak kosong tetapi juga tidak tegang. Sementara itu, fisik mulai dari kepala hingga ujung kaki dalam keadaan santai, sama-sama tidak tegang.

Relaksasi bukanlah suatu kondisi formal seperti kondisi meditasi, namun relaksasi merupakan kondisi  santai, rileks, seperti saat kita rekreasi, bercengkrama dengan keluarga, nonton tv, dan lain sebagainya.

Saat seseorang rileks, maka ia akan jauh lebih mudah menerima stimulus dari luar dirinya. Pikiran dan hatinya terbuka untuk menerima apapun dari pikiran bawah sadar, nurani dan intuisinya. Itu kenapa aktivitas relaksasi ini sangat bisa membantu Anda untuk mengurangi bahkan menghilangkan stres. Bagaimakah caranya? Berikut 2 Teknik Relaksasi sederhana yang bisa Anda praktekan di rumah.

Relaksasi Duduk

Sesuai namanya teknik relaksasi ini dilakukan dalam posisi duduk. Duduklah bersila, kemudian berdoalah sesuai dengan keyakinan Anda. Letakkan tangan di atas paha dengan posisi terbuka menghadap ke atas. Kemudian pejamkan kedua mata Anda. Fokus dan dengarkan nafas Anda. Sekarang coba telusuri dari kepala sampai ujung kaki Anda perlahan, perhatikan kondisinya. Setelah itu telusuri ulang dari kepala hingga ujung kepala Anda sambil katakan dalam hati “rileks, rileks, rileks” di setiap bagian tubuh Anda. Izinkan tubuh anda dari mulai kepala, leher, pundak, punggung, dada, perut, paha, hingga kaki untuk rileks. Kendorkan seluruh ototnya.

Lakukan berulang dari kepala sampai ke ujung kaki sebanyak 5-7 kali pengulangan. Kuncinya adalah pelan, santai, dan nikmati sensasi sekaligus ketenangannya. Jika Anda sudah terbiasa, lakukan teknik ini selama 5-10 menit secara rutin setiap harinya untuk bisa membantu Anda menghilangkan stres.

Relaksasi Berbaring

Teknik ini dapat Anda lakukan dengan cara berbaring di atas kasur kamar tidur atau matras. Berbaringlah dengan posisi terlentang menghadap ke atas. Posisi kedua tangan disamping tubuh dengan keadaan terbuka tidak menggenggam. Kemudian berdoa, sesuai dengan keyakinan Anda. Setelah itu Anda lanjutkan dengan memejamkan mata. Fokus dan dengarkan nafas Anda. Lakukan hal yang sama seperti teknik relaksasi duduk, yaitu scan tubuh Anda dari kepala sampai ujung kaki, sambil katakan dalam hati, “rileks, rileks, rileks” pada setiap anggota tubuh Anda.

Lakukan berulang dari kepala sampai ke ujung kaki sebanyak 5-7 kali pengulangan. Kuncinya adalah pelan, santai, dan nikmati sensasi sekaligus ketenangan nya. Jika Anda sudah terbiasa, lakukan teknik ini selama 5-10 menit secara rutin setiap harinya untuk bisa membantu Anda menghilangkan stres.

Jika Anda sudah biasa rutin melakukannya maka perlahan tapi pasti akan ada manfaatnya bagi pikiran dan emosi Anda. Pikiran Anda akan jauh lebih tenang dan damai. Emosi juga lebih mudah dikendalikan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!