Mau tau cara yang paling fun dalam menjaga kesehatan tubuh? Tertawa. Iya, tertawa. Laughing is the simple way to keep your health. Tertawa mempunyai banyak sekali manfaat. Tertawa bisa menyatukan manusia, membangun hubungan yang kuat dan menciptakan atmosfer yang hangat dengan orang lain. Selain itu tertawa juga dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental loh.

Saat tertawa, kita akan mengalami perubahan fungsi tubuh yang ditandai oleh meregangnya otot-otot pada wajah dan tubuh. Secara bersamaan, meregangnya otot-otot dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah serta mempercepat tarikan napas, sehingga pasokan oksigen yang dikirim ke dalam jaringan tubuh menjadi lebih banyak. Nah hal tersebut lah yang membuat tertawa dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan, yaitu:

Menyehatkan jantung. Saat tertawa, jantung memompa dan membakar kalori dalam jumlah yang sama dengan latihan kardio seperti ketika kita melakukan jalan dengan kecepatan lambat sampai sedang atau melakukan olahraga earobik. Hal tersebut tentu saja dapat menyehatkan jantung kita.

Memperkuat sistem imun. Tertawa dapat menurunkan hormon stres, meningkatkan sirkulasi darah dan konsumsi oksigen. Dengan melepaskan energi negatif, tertawa dapat memperkuat sistem imun tubuh. Kita jadi tidak mudah sakit dan dapat terhindar dari penyakit seperti flu, batuk dan infeksi saluran pernapasan.

Meningkatkan daya ingat. Tertawa dapat membuat kinerja otak lebih optimal. Tanpa sadar, saat tertawa kita menghirup oksigen lebih banyak, hal tersebut berpengaruh baik pada sel-sel di otak sehingga kemampuan daya ingat dan motorik akan meningkat.

Mengatasi depresi dan stres. Saat kita depresi dan stres, pastinya kita malas sekali untuk tertawa, tapi jika kita ingin menghilangkan rasa stres itu, lebih baik kita mencoba untuk tertawa. Karena dengan tertawa kadar hormon kortisol dapat berkurang dan digantikan dengan hormon endorfin yang bisa membuat kita tenang dan bahagia.

Nah ternyata tertawa itu bermanfaat kan. Marilah tertawa demi menjaga kesehatan.