Saat kita merasa disakiti oleh orang lain, akan sangat tidak mudah untuk memaafkan hal tersebut. Namun jika kita tidak segera memaafkan kesalahan tersebut dan malah menyimpan marah dan dendam, kita sendiri loh yang bakalan rugi. Karena dengan menyimpan marah dan dendam dapat menimbulkan emosi negatif pada diri kita, memicu stres dan bahkan menyebabkan sakit secara fisik. Maka saat kita disakiti orang lain, segeralah maafkan kesalahannya agar kita terbebas dari rasa sakit. Tidak mudah memang, tapi hal ini bisa dipelajari. Berikut beberapa cara agar kita bisa memaafkan kesalahan orang lain:

Memahami arti dari memaafkan. Memaafkan bukan berarti bahwa kita membenarkan apa yang telah dilakukan orang lain saat menyakiti kita dan menganggap orang yang menyakiti kita itu tidak bersalah. Namun kita dengan sadar memilih untuk memaafkan orang lain dengan alasan agar kita terbebas dari beban, rasa sakit dan stres akibat menyimpan dendam.

Rasakan rasa sakit. Akui dan hargai rasa sakit yang kita rasakan akibat orang lain. Take your time dan lakukan sesuatu yang baik untuk diri kita. Setelah itu carilah cara untuk membantu kita melepaskan dendam yang kita rasakan.

Ubahlah sudut pandang. Cobalah untuk menempatkan diri kita pada posisi orang yang menyakiti kita. Dengan begitu kita bisa tau apa yang melatarbelakangi orang tersebut melakukan hal yang menyakitkan kepada kita.

Bersabarlah dalam belajar memaafkan. Memaafkan bukan hal yang mudah, diperlukan proses yang panjang, jadi bersabarlah dalam belajar memaafkan.

Temukan kekuatan dari rasa sakit. Saat kita belajar dari rasa sakit maka kita akan menumbuhkan keberanian dan empati yang dapat membuat kita lebih kuat dalam segala hal.

%d blogger menyukai ini: