Hubungan persahabatan yang baik dapat membuat kehidupan sosial kita menjadi lebih bahagia. Walaupun apa yang kita alami dalam persahabatan itu tidak selalu indah. Dalam membangun suatu hubungan persahabatan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan ikatan antara satu sama lain. Kali ini saya akan menyampaikan hal-hal yang mungkin bisa membuat kita menjadi sahabat yang baik guna mempererat hubungan persahabatan.

Hal utama yang menjadi kunci dalam persahabatan adalah komunikasi. Berkomunikasilah dengan jujur kepada sahabat. Ungkapkan perasaan dan pendapat kita secara terbuka kepada sahabat, namun jika ada hal yang bersebrangan atau berbeda pendapat, katakanlah dengan bijak tanpa menyakiti hati.

Setelah terjalinnya komunikasi yang baik, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah jadilah sahabat yang bisa dipercaya. Selalu tepati komitmen dan janji-janji yang telah kita katakan kepada para sahabat. Jangan sekali-kali kita mengingkari atau berbohong karena hal tersebut dapat membuat orang lain tidak respect kepada kita. Nah, karena kita sudah membuat orang lain percaya kepada kita, sebagai balasannya kita harus rela untuk mempercayai sahabat kita karena menurut saya kepercayaan mempunyai hubungan timbal balik. Saat kita memberikan kepercayaan, saat itu pula kita memperoleh kepercayaan.

Loyalitas juga merupakan hal yang penting dalam persahabatan. Dengan adanya loyalitas, maka kita sesungguhnya telah berperan dalam memperkuat suatu hubungan. Setelah membangun loyalitas, jangan lupakan tentang empati. Berempatilah terhadap sahabat kita. Biasakanlah untuk menempatkan diri kita di posisi orang lain tanpa men-judge tentang kebenaran posisi tersebut dalam sudut pandang kita.

Then, be a good listener. Belajarlah untuk bisa mendengarkan sahabat kita dengan baik karena dari hal tersebut kita bisa belajar sesuatu dari pengalaman yang sahabat kita ceritakan dan atau bisa belajar lebih banyak dari apa yang sudah kita ketahui.

Selanjutnya, jangan merasa menjadi yang selalu benar. Karena sahabat kita pasti akan malas dengan sahabat yang merasa dirinya paling benar. Cobalah untuk melihat segala sesuatu dari berbagai perspektif dan amatilah perilaku orang lain dalam menghadapi suatu masalah.

Sahabat kita pasti senang jika sahabatnya selalu ada bersamanya di dalam suka dan duka. Saat sedang down, stress, dan mempunyai banyak masalah, hadirlah dan temanilah sahabat kita dan berikanlah dukungan kepadanya. Tidak ketinggalan juga saat mereka sedang merasa senang, ikutlah untuk merayakan kebahagiaannya.

Selamat mencoba…