Salah satu kebiasaan negatif manusia adalah mudahnya menghakimi orang lain. Manusia dengan mudahnya menghakimi keadaan orang lain, menghakimi masa lalu orang lain bahkan menghakimi segala tindak tanduk yang dilakukan oleh orang lain. Dalam menghakimi orang lain biasanya seorang manusia merasa dirinya paling benar, paling tau dan paling bersih. Seorang manusia merasa sangat perlu untuk ikut campur dan memberikan komentar terhadap apa yang menimpa dan yang terjadi pada orang lain.

Namun apakah kita tau apa yang dirasakan oleh orang yang kita hakimi? Apakah kita tau orang yang kita beri komentar itu merasa tersakiti dan merasa terluka atas penilaian kita? Apakah kita tau dampak apa yang dirasakan oleh orang yang kita hakimi? Biasanya kebanyakan penghakiman dapat berdampak buruk bagi orang yang kita beri penilaian. Tidak sedikit orang yang kita hakimi bisa berbuat hal yang fatal bahkan sampai melakukan bunuh diri. Maka dari itu, ada baiknya kita menghilangkan kebiasaan buruk dalam menghakimi orang lain.

Untuk menghilangkan kebiasaan menghakimi orang lain, kita bisa melakukan beberapa hal berikut:

Sadarilah bahwa setiap individu itu berbeda. Setiap manusia memiliki pengalaman hidup, lingkungan tempat dibesarkan, karakter dan kepribadian yang berbeda. Maka dari itu akan sangat wajar jika cara pandang dan cara tiap individu dalam menyikapi suatu kejadian dan masalah yang terjadi di hidupnya akan berbeda.

Lihatlah masalah dari sudut pandang yang berbeda. Cobalah untuk melihat suatu masalah tidak hanya dari satu sudut pandang saja. Tidak hanya dari sudut pandang kita pribadi, tapi dari beberapa sudut pandang, agar kita dapat mengerti dan memahami suatu masalah dengan menyeluruh.

Introspeksi diri. Sadarilah bahwa kita belum tentu lebih baik dari orang lain. Tiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan. Nobody’s perfect kan ya. Kita juga bukan Tuhan, jadi kita tidak punya wewenang untuk menghakimi orang lain. Sebagai manusia, kita hanya berkewajiban untuk saling mengingatkan dan menasehati sesama.

Nah semoga tips di atas dapat membantu kita untuk menghilangkan kebiasaan menghakimi orang lain ya…