Perasaan serba salah sering dirasakan oleh orang-orang yang memiliki sifat gak enakan. Disaat orang lain meminta bantuan, kita gak akan tega kalau bilang ‘tidak’, kita selalu mengiyakan permintaan orang lain walaupun sebenarnya kita tidak ingin/ tidak bisa melakukannya. Tidak jarang kita merasa kerepotan sendiri karena berusaha menyempatkan diri untuk membantu orang lain padahal kita sedang sibuk.

Agak merugikan juga kan ya punya sifat kayak gini. Nah disini ada tips yang bisa kita coba untuk menekan rasa gak enakan.

Untuk orang-orang yang gak bisa bilang ‘tidak’, sebelum mengiyakan permintaan orang lain, coba deh untuk mengecek ketersediaan waktu Anda. Apakah dengan membantu orang tersebut, kepentingan Anda akan terbengkalai atau tidak? Jika ada hal yang lebih penting untuk Anda kerjakan, jangan merasa gak enak untuk menolak atau bilang ‘tidak’. Hal itu gak bikin kita dosa kok. Dan lagi, dengan bilang ‘tidak’ gak membuat Anda serta merta dicap buruk. Kemukakan saja alasan mengapa Anda tidak bisa membantu orang tersebut. Dengan alasan yang wajar, orang yang meminta bantuan akan mengerti kok kenapa kita tidak bisa membantunya.

Orang-orang yang gak enakan biasanya menjawab pertanyaan berdasarkan apa yang ingin didengar oleh orang lain. Hal ini bisa membuat kita sulit dalam membuat keputusan. Contohnya, disaat waktu makan siang, teman Anda mengajak untuk makan di tempat A, sebenarnya Anda tidak ingin ke tempat A tapi karena merasa gak enak dengan teman Anda maka Anda ikut ke tempat A. Jika kejadiannya seperti ini, mulailah untuk menjadikan keinginan pribadi sebagai prioritas. Mulailah untuk memperhatikan apa yang menjadi keinginan dan ketidakinginan Anda. Dan lakukanlah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jadi, jangan pernah merasa terpaksa mengiyakan permintaan bantuan orang lain hanya karena tidak ingin orang lain sedih dan takut menghancurkan mood orang lagi ya. Mulailah untuk memprioritaskan diri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here