Melanjut tulisan “Tentang Self Limiting Belief“, di kesempatan kali ini kita akan lanjutkan dengan cara mengubah self limiting belief. Berikut 3 langkah untuk merubah self limiting belief dan menggantinya dengan keyakinan yang tepat.

1. Kenali keyakinan yang menghambat

Seperti yg sudah disarankan pada tulisan sebelumnya, langkah pertama untuk mengubah self limiting  belief adalah mengenali apa keyakinan yang menjadi penghambat Anda. Setelah Anda mengenali keyakinan yang menjadi penghambat, barulah kita bisa mengubahnya.

Misal : Orang kaya itu jahat, agar tidak jahat kita tidak boleh kaya.

2. Cari keyakinan yang tepat, untuk menggantikan keyakinan yang salah

Setelah diketahui keyakinan penghambatnya, maka saatnya kita merumuskan keyakinan pengganti yang tepat.

Keyakinan awal : Orang kaya itu jahat, agar tidak jahat kita tidak boleh kaya.

Keyakinan baru : Tidak semua orang kaya itu jahat, kita bisa menjadi kaya dengan begitu kita mampu lebih banyak berbuat baik dan membantu orang.

Jika sudah didapat bentuk keyakinan tepatnya, mari lanjut ke langkah selanjutnya.

3. Proses Instalasi keyakinan baru

Untuk meninstallkan keyakinan baru yang sudah dirumuskan, ada 2 alternatif.

  • Pertama, lakukan Afirmasi rutin khususnya di pagi setelah bangun tidur, istirahat siang dan sebelum tidur, 9x. Baca di dalam hati keyakinan baru yang sudah disusun. Lakukan berulang hingga 21 hari.
  • Kedua, jika dirasa kurang maka bisa dilakukan sesi relaksasi mandiri. Cari tempat yang nyaman, minim gangguan. Posisi boleh duduk, boleh juga berbaring cari yang paling nyaman. Pejamkan mata, tarik nafas yang dalam hembuskan perlahan, lakukan berulang kali sampai rileks. Setelah rileks, visualisasikan diri kita ada pada penjara besi, kemudian kedua tangan kita coba untuk menghancurkan, atau membengkokkan besi tersebut untuk mencoba keluar. Visualisasikan sampai kita benar-benar berhasil keluar. Setelah keluar afirmasikan keyakinan baru tadi 9x. Lakukan teknik ini sebelum tidur setiap harinya, selama 21 hari.

Kedua latihan itu boleh dilakukan keduanya secara bersamaan baik yang hanya afirmasi sekaligus relaksasi. Semakin kuat niat dan keinginan kita untuk mengubah maka semakin mudah proses instalasi berjalan.

Kali ini giliran Anda untuk mencobanya! Selamat mencoba dan semoga berhasil!

%d blogger menyukai ini: