Tidak semua orang dapat dengan mudah mencairkan suasana dan mengobrol asyik dengan orang lain saat perkenalan pertama. Terkadang kita merasa kikuk, canggung dan bingung dalam mencari bahan pembicaraan. Apalagi bagi Anda yang pemalu dan tidak suka basa basi, bertemu dengan orang baru bisa saja menjadi hal yang paling Anda hindari karena Anda seringnya merasa bingung harus melakukan apa agar bisa nyambung dengan orang baru tersebut.

Merasakan hal semacam itu sebenarnya sangat wajar namun jika kita terus menerus mendapatkan masalah seperti itu bisa saja dapat mengurangi kesempatan kita dalam mendapatkan mitra baru, teman, sahabat bahkan pasangan. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar kita bisa cepat nyambung dengan orang baru.

Temukan kesamaan antara diri Anda dengan orang baru tersebut. Dengan memiliki kesamaan, kita akan merasa cepat nyambung dengan seseorang. Kita akan merasa klop dan merasa menjadi bagian dari satu kelompok dari kesamaan tersebut. Cobalah untuk bertanya tentang latar belakangnya seperti, Asalnya dari mana? Saat ini tinggal dimana? Dulu sekolah dimana? Hobinya apa?. Saat kita mengetahui ada suatu kesamaan maka kita mempunyai bahan obrolan yang jelas, bisa lebih akrab dan cara berpikir pun cenderung searah.

Tunjukkan kejujuran tanpa kepura-puraan. Maksudnya adalah Anda memperlihatkan maksud Anda berkenalan dengan orang tersebut dengan jujur. Tidak ada yang disembunyikan, apalagi berbohong. Hal ini merupakan faktor dalam membangun kepercayaan dalam suatu hubungan termasuk perkenalan dengan orang baru.

Cobalah untuk berempati. Empati berarti mencoba untuk memahami perspektif, pikiran, emosi dan kebutuhan orang lain. Dari empati juga kita bisa belajar untuk melihat dan memahami sesuatu dari sudut pandang orang tersebut.

Perlihatkanlah kehangatan. Perlakukanlah orang lain dengan hangat. Dengan cara menghormati, menghargai, tidak menghakimi dan berbuat baik.

%d blogger menyukai ini: