Sejak maraknya penggunaan handphone, kita seakan sangat bergantung pada barang yang satu ini. Keadaan diperparah dengan banyaknya media sosial yang memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain dan mendapatkan informasi dengan cepat. Pada akhirnya kita tidak hanya sangat bergantung tapi juga kecanduan pada perangkat ini. Saking kecanduannya, kita tidak bisa lepas dari benda yang satu ini kapan pun dan dimana pun. Bahkan di malam hari, waktu dimana kita seharusnya beristirahat. Dan hal ini juga kadang terjadi pada saya.

Di jam-jam malam ketika saya membuka media sosial, tidak sedikit saya menemukan update status atau tweet yang bertuliskan ‘Duh insomnia…’, ‘Gak bisa tidur lagi deh.’, atau hal yang bernada serupa. Apakah Anda juga mengalami hal yang sama? Jika ya, mungkin itu akibat dari kebiasaan Anda memainkan handphone sebelum tidur dan meletakannya di sebelah Anda.

Memainkan smartphone sebelum tidur merupakan kebiasaan yang buruk. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan masalah tidur dan berkurangnya jam tidur. Sebenarnya hal yang buruk dari penggunaan handphone di malam hari sebelum tidur adalah pancaran cahaya yang dihasilkan oleh handphone. Cahaya yang dihasilkan tersebut dapat mempengaruhi jumlah hormon pada otak yang bertugas untuk memberi informasi pada tubuh bahwa hari sudah malam. Pada malam hari, cahaya tersebut menipu mata kita yang menyebabkan tertundanya jam tidur dan mempengaruhi jam tubuh kita.

Dengan tertundanya jam tidur, secara otomatis jam tidur kita berkurang. Padahal banyak sekali kerugian yang diakibatkan dari kurang tidur. Dan jangan pernah anggap remeh akibat dari kurang tidur. Karena kurang tidur dapat menyebabkan depresi, peningkatan berat badan, risiko kanker, diabetes dan mengantuk sepanjang hari. Gak mau kan terkena hal-hal mengerikan tersebut?

Kurangi penggunaan handphone di malam hari

Nah saya punya beberapa cara untuk mengurangi penggunaan handphone di malam hari, diantaranya adalah hindari telepon di malam hari (kecuali telepon penting ya). Temukan kegiatan yang tidak melibatkan layar handphone yang Anda anggap menyenangkan dan membuat Anda santai, membaca buku atau mendengarkan musik misalnya. Atur alarm di handphone Anda. Jika Anda terbiasa tidur pada jam 10 malam, atur reminder di handphone Anda jam 9 malam untuk mengingatkan Anda bahwa Anda harus menghentikan semua kegiatan yang berhubungan dengan smartphone.

Cobalah cara-cara tersebut dan rasakanlah efek baiknya untuk tubuh Anda.