Pernahkan Anda merasakan kelelahan yang berlebih padahal rutinitas yang anda jalani bukan merupakan rutinitas yang berat? Atau merasa tidak pernah maksimal setiap melakukan suatu pekerjaan? Bahkan anda merasa belakangan sering mengalami sakit? Jika jawabannya ya, mungkin Anda tengah mengalami stress. Kelelahan karena stress, tidak maksimal dalam bekerja, dan sering sakit bisa jadi merupakan tanda penurunan kesehatan mental Anda. Banyak hal yang bisa mencetuskannya, salah satunya adalah karena kurangnya aktivitas fisik yang anda lakukan.

Sudah banyak diketahui bahwa aktivitas fisik dalam hal ini olahraga dapat berdampak baik bagi kesehatan fisik apabila dilakukan dengan benar dan dalam porsi yang tepat. Tetapi selain itu, olahraga bisa membawa dampak baik bagi kesehatan mental Anda juga, lho. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh menjadi lebih sehat sehingga penyakit tidak mudah muncul yang akan berdampak pada aktivitas harian anda yang lebih berkualitas. Aktivitas harian yang berkualitas tentunya akan menambah kepercayaan diri anda saat berhadapan dengan orang lain.

Berikut beberapa manfaat aktivitas fisik/olahraga untuk kesehatan mental

1. Mengurangi Stress

Ketika Anda mengalami stress, maka secara otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan epineprin. Kedua hormon tersebut adalah hormon depresan yang mampu meningkatkan energi dan tekanan darah seketika saat tubuh menerima tekanan. Ketika Anda berolahraga, kelebihan energi yang dihasilkan oleh hormon kortisol saat stress terpakai. Dalam kondisi ini, hormon kortisol dan epineprin menurun digantikan dengan meningkatnya hormon nonepineprin sebagai antidepresan yang akan mengurai stress.

2. Meningkatkan Kekuatan Otak

Aktivitas fisik yang rutin dilakukan juga bisa meningkatkan daya reaksi, konsentrasi, kreativitas dan kesehatan mental Anda. Hal ini dikarenakan ketika berolahraga tubuh akan memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah meningkat yang berdampak pada lancarnya pasokan darah ke otak. Para ahli sepakat ketika pasokan darah ke otak lancar, maka reaksi fisik dan mental seseorang akan meningkat.

3. Menjaga Ketajaman Ingatan

Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa dengan berolahraga ringan seperti berjalan kaki dapat membantu tubuh mencegah penurunan daya kerja otak pada wanita lanjut usia. Semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki ini dilakukan maka ketajaman pikiran juga akan semakin membaik. Hasil terbaik akan diperoleh dengan menggerakkan tubuh setiap minggu selama sembilan minggu. Tidak perlu dengan kegiatan intensitas tinggi, cukup melakukannya secara rutin sehingga daya pacu jantung Anda dapat meningkat, maka daya ingat kita akan selalu tajam.

4. Memperbaiki Kebiasan Tidur

Olahraga atau aktivitas fisik juga dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan memperdalam tidur sehingga akan menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik Mengapa kualitas tidur sangat penting untuk kesehatan mental seseorang? Karena hal ini akan mempengaruhi aktivitas keesokan harinya juga berpengaruh terhadap mood hari itu.

5. Meningkatkan Perasaan Senang

Kebanyakan orang yang mengalami depresi menggunakan obat penenang sebagai jalan keluar. Padahal untuk mengurangi depresi dan menciptakan perasaan bahagia hanya diperlukan aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin. Olahraga terbukti dapat meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin. Sebuah survey di Inggris melaporkan 83% penderita depresi bergantung pada aktivitas olahraga dalam mengurangi kecemasan dan memperbaiki suasana hatinya.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berolahraga rutin ternyata mampu meningkatkan kepercayaan diri juga harga diri Anda, lho. Seiring dengan kekuatan, keterampilan dan stamina yang meningkat melalui olahraga, citra diri dan semangat juga akan meningkat. Dengan adanya semangat dan energi baru yang berasal dari aktivitas fisik, Anda cenderung akan berhasil dalam tugas ataupun pekerjaan yang anda lakukan.

Nah, setelah mengetahui begitu banyak manfaat aktivitas fisik/olahraga untuk kesehatan mental, tentu tidak akan ada lagi mager alias malas gerak dalam kamus anda, kan. Karena mental yang sehat berbanding lurus dengan fisik yang sehat sehingga akan berdampak pada performa anda dalam bekerja dan melakukan aktivitas rutin harian. Mulai sekarang, yuk biasakan diri untuk berolahraga rutin setidaknya 30 menit dalam sehari, 5 hari dalam seminggu. Semoga kesehatan dan kebahagiaan selalu menyertai kita semua. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here