Smartphone menjadi benda yang paling tidak bisa lepas dari kehidupan manusia milenial saat ini. Kapan pun dan dimana pun benda yang satu ini hampir selalu berada di genggaman kita. Kita menjadi sangat addictive dengan benda ini. Banyak dampak yang terjadi akibat ketergantungan kita terhadap smartphone. Dan yang paling sering dibicarakan adalah dampak-dampak negatif penggunaan smartphone, seperti terganggunya aktivitas karena terlalu asyik bermedia sosial atau sekedar main game. Namun sebenarnya, smartphone bisa membantu kita dalam menciptakan kebiasaan baik loh.

Untuk menciptakan kebiasaan yang baik dengan bantuan smartphone, kita harus memahami dulu bagaimana mekanisme terbentuknya sebuah kebiasaan dan bagaimana cara memanfaatkan smartphone dengan tepat. Kebiasaan adalah perilaku yang menjadi sebuah pola rutin, yang biasa kita lakukan sehingga sudah tertanam dalam pikiran bawah sadar kita, pada titik tertentu, kebiasaan ini akan kita lakukan secara otomatis. Dalam membuat kebiasaan, kita harus melakukan tiga langkah berikut:

Pemicu ingatan. Ciptakan pemicu ingatan yang dapat membuat kita melakukan kebiasaan baru yang sedang kita bangun. Misalnya, kita akan memulai kebiasaan untuk membaca buku tiga jam sehari. Kita harus menentukan kapan kita akan melakukannya, tiap jam berapa, dan dimana melakukannya. Setelah itu kita dapat memanfaatkan aplikasi reminder dengan memilih suara/ bunyi yang khas di smartphone kita sebagai pemicu ingatan yang mengingatkan kita untuk melakukan kebiasaan baru yang sedang kita bangun. Selain aplikasi reminder, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi to do list yang bisa digunakan untuk menceklis apa saja kebiasaan-kebiasaan baik yang sudah kita lakukan.

Mengembangkan rutinitas. Setelah kita tau cara untuk memicu ingatan kita dalam melakukan kebiasaan yang baru, kini saatnya untuk berpikir bagaimana cara smartphone kita bisa mengajarkan kita dalam menguasai kebiasaan yang baru. Contohnya, kita ingin mempunyai kebiasaan untuk membuat kerajinan tangan tapi kita bingung harus mulai dari mana karena kita tidak mempunyai ilmunya. Di zaman sekarang, kita tinggal membuka video di YouTube dan disitu akan kita dapati banyak sekali video-video tutorial untuk membuat kerajinan tangan.

Hadiahi diri kita. Jika dua hal di atas sudah dilakukan, kita bisa menghadiahi diri kita sendiri. Tentunya hadiahnya yang bisa mengubah perilaku berulang yang telah kita lakukan menjadi kebiasaan. Misalnya, dengan memposting foto-foto karya kita di Facebook atau Instagram untuk mendapatkan penghargaan dari teman-teman.

Nah, kita bisa mempraktekan tiga langkah pembentuk kebiasaan di atas untuk menciptakan kebiasaan baik. Selamat mencoba.