Adakah yang terkena post holiday syndrome setelah libur panjang lebaran? Sepertinya sih banyak ya. Eh tapi apa sih post holiday syndrome itu? Post holiday syndrome adalah sebuah perasaan tidak nyaman karena harus beradaptasi lagi dengan rutinitas pekerjaan setelah libur panjang. Biasanya setelah libur panjang banyak orang yang masih ogah-ogahan saat harus kembali bekerja. Dan saat kembali bekerja, kita masih belum bisa berpikir dengan cepat dan efektif, bawaannya masih malas dan cepat mengantuk. Fase ini biasanya terjadi selama seminggu pertama setelah kembali bekerja.

Nah, agar bisa mengembalikan semangat kerja setelah libur panjang, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan loh, diantaranya:

Ingat kembali motivasi terbesar kita. Coba deh pikirkan apa motivasi terbesar kita dalam bekerja. Uang? Jabatan? Kebahagiaan? Apapun motivasi kita dalam bekerja, jadikan hal tersebut sebagai sumber semangat agar kita bekerja lebih giat.

Pikirkan hal yang menyenangkan dari pekerjaan kita. Agar semangat bekerja, coba pikirkan hal-hal yang menyenangkan dari pekerjaan kita. Misalnya tentang bertemu dengan teman kerja yang sudah lama tidak bertemu, atau memikirkan menghabiskan waktu makan siang yang sangat menyenangkan dengan teman-teman kerja.

Atur ritme kerja. Setelah libur panjang pasti banyak sekali yang harus kita kerjakan, misalnya cek email masuk, mengontrol target, membuat plan bulanan, dan lain-lain. Dengan adanya setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan itu bukan berarti kita harus menggunakan seluruh waktu untuk bekerja, bahkan sampai harus memotong waktu istirahat dan lembur. Hal yang harus kita lakukan adalah mengatur ritme kerja. Kerjakan pekerjaan sesuai dengan prioritas dan tidak perlu terburu-buru.

Semoga dengan melakukan hal-hal di atas, kita bisa membuat hari pertama bekerja setelah liburan terasa menyenangkan. Selamat bekerja dengan bahagia, guys 🙂